Kuala Lumpur, Malaysia (part 3)

Monday, September 30, 2013

semoga para pembaca blog saya ngga pada kabur yaa baca travelling saya sama donna di KL yang sekarang udah sampe part 3. saya sendiri juga nggak tau ini bakal berapa part jadinya. tiap ngepost sehari udah kepanjangan sih kalo mau dilanjutin. daripada bosen bacanya mending istirahat dulu kan. makanya saya bikin per-part gini. 

okee jadii cerita di part 3 ini bisa jadi juga bakal jadi cerita satu hari macem 2 part sebelumnya.

Selasa, 17 September 2013

hari ini tujuan kita agak sedikit rada jelas mau ke mananya karena udah janjian duluan sama Galih sebelumnya. oh iyaaa Galih itu temen SMP (MTs) saya yang lama tinggal di Kuala Lumpur. jadi, jam 9 pagi saya sama donna janjian sama Galih buat ke UM (University of Malaya / Universiti Malaya). sebenernya sih Galih emang karena ada urusan gitu sama dosennya sementara saya sama donna yaaa nggak ada kerjaan lain. hahaha boong ding. orang tua saya dan donna rada-rada mirip soal ini. jadi kita minimal harus pergi ke satu tempat yang yaah semacem kalo nggak kampus yaa perpustakaan nasionalnya lah. nah, berhubung saya punya temen yang kuliah di UM yaudah kenapa nggak sekalian aja kita pergi ke UM kan buat liat-liat suasana kampusnya kayak apa. syukur-syukur bisa lanjut master di sana nanti. aamiin (:

ah kan jadi keluar fokus deh. okee jadi kita bertiga janjian di Stasiun LRT Universiti. kalo dari hotel saya sama donna, tinggal naik LRT dari Stasiun Pasar Seni, naik arah Kelana Jaya dan turun di Stasiun Universiti. saya sama donna sampe duluan dan kita nunggu di platform (bahasa gaul Jakarta-nya sih, peron :p) tapi ternyata ngga lama kemudian Galih sms kalo dia udah di halte bus samping Stasiun Universiti. dan demi apapun gue jahat banget karena hampir ngga ngenalin Galih (ini tuh Galih yang rada gemukan atau minus mata gue yang nambah ya, gatau juga sih) kalo dia nggak ngedadahin saya duluan. maklum lah yaa berapa tahun kita nggak ketemu. hahahaha sorriii banget, Gal.

nah dari halte itu kita naik bus Rapid KL yang masuk ke dalem kampus. jangan tanya gue jurusan itu bus karena gue udah ngga merhatiin apa-apa lagi karena udah ngerasa aman punya guide (baca: ada yang diandelin, baca lagi: Galih). turun di mana juga saya ngga tau, pokoknya ngikut aja dah. kalo dibawa nyasar juga saya nggak bakal tau kali :p. abis turun itu kita ke Fakulti Sastera dan Sains Sosial (Faculty of Arts and Social Sciences). ternyata dari sini si Galih mau ketemu sama temen-temennya dulu. karena saya sama donna juga ngga tau jalan mau ke mana, Galih akhirnya nganterin kita ke Perpustakaan UM. jadi lah saya sama donna nunggu Galih di sana. 


di depan Faculty of Arts and Social Sciences

sebenernya yang bisa masuk ke perpustakaan itu cuma mahasiswa aja karena harus nunjukin kartu mahasiswa ke security di sana. tapi kata Galih orang luar juga bisa masuk kalo pas kebetulan security-nya ngga terlalu merhatiin. dan alhamdulillah saya sama Donna bisa masuk, itu artinya kita punya bakat jadi mahasiswa UM beneran, aamiin :p. karena saya nanya ruang internet/lab kom di sebelah mananya jadi Galih ngajak kita ke lantai 3 (kalo nggak salah) tempat lab kom. tapiii kita cuman ngelewatin aja sih soalnya langsung naik lagi ke atas ke tempat koleksi-koleksi bukunya. sementara kita di perpustakaan, Galih pergi ketemuan sama temennya.

ngomong-ngomong Perpustakaan UM ini mengingatkan saya sama Perpustakaan FIB dulu yang lantainya nanggung gitu. duh gimana jelasinnya ya. kalo anak FIB sampe angkatan 2010 pasti tau sih maksudnya lantainya nanggung tuh gimana. ya intinya sih Perpustakaan UM juga mirip-mirip kayak gitu deh. kalo ngeliat keadaannya Perpustakaan UM juga mirip sama Perpustakaan Pusat UI yang lama.


lorong koleksi

rapih, ya. yang shelving rajin nih pasti

sampe di ruang koleksi, jiwa librarian gue pun keluar, tsaaahhh. mulai deh ngeliat keadaan perpusnya. ngga se-spesifik tahu ruangan-ruangan apa aja yang ada di sana sih. liat-liat koleksinya. trus bingung sendiri, ini klasifikasinya pake apaan ya, DDC bukan, UDC juga bukan. atau mereka punya sistem klasifikasi sendiri? awalnya saya juga nggak tau sih mereka pake sistem klasifikasi apa tapi setelah melakukan penelusuran lebih lanjut (tsaahh) ternyata mereka pake klasifikasinya Library of Congress. ternyata bukan Perpustakaan UI aja yang ngejadiin Library of Congress Catalog sebagai katalog rujukan. tapi bedanya kalo Perpus UI itu ngambil subjek-nya aja dari LC Catalog. 

selain klasifikasi, call number-nya juga beda sama kita. kalo kita kan urutannya nomer klasifikasi, tiga huruf awal nama (belakang/depan) pengarang, sama satu huruf awal judul. nah kalo di sana urutannya nomer klasifikasi, tiga huruf awal nama pengarang, sama tahun terbit. bahkan untuk buku-buku lama hanya ada nomer klasifikasi sama tiga huruf awal nama pengarang aja. beberapa buku juga ada yang belum dikasih call number. bisa kali nih jadi proyekan selanjutnya ($.$) hahahaha..


contoh call number di Perpusakaan UM

keterangan: 
1. Z665 --> LC Classification (kelas Library and Information Science)
2. Neg ---> 3 huruf awal nama pengarang
3. 2007 ---> tahun terbit buku

sama kayak di Perpustakaan UI kalo mau minjem tinggal scan barcode aja


Radio Frequency Identification (RFID)


awalnya saya kira itu cuma stiker kepemilikan koleksi aja, tapi setelah diraba dan diterawang (duit kali) ternyata RFID. bagus, bisa jadi identitas kepemilikan buku juga. coba perpus UI pake RFID ada tulisan Perpustakaan Universitas Indonesia juga ngga putih polos aja.

setelah saya sama donna puas (baca: bosen) di ruang koleksi kita turun ke lantai bawah. setelah mencari-cari sampai ke lantai dasar, kita ngga berhasil nemuin katalog online dari Perpustakaan UM. tapi di lantai dasar itu ada beberapa komputer yang saya asumsikan sendiri sebagai komputer untuk katalog online. ternyata pas dideketin, mahasiswa bebas buka apa aja di komputer itu jadi ngga bisa dibilang komputer khusus akses katalog online juga. saya sama donna iseng-iseng ke komputer-komputer itu dan nyoba akses katalog online Perpustakaan UM (nama situs web-nya ditempel di salah satu pilar di sana). btw, katalog online Perpustakaan UM namanya Pendeta Discovery, bisa diakses disitus pendeta.um.edu.my.

katalog online Perpustakaan UM, Pendeta.

abis dari lantai bawah, kita naik lagi ke lantai 3 tempat lab kom. dan di sinilah kejadian memalukan terjadi. jadi gini ceritanya, saya sama donna lagi jalan, terus tiba-tiba.... oke stop sampe sini! dilarang kepo loh. pokoknya saya malu banget deh. haha, cukup saya, donna, sama beberapa mahasiswa UM di sana aja yang tau :p

intinya kita balik ke lab kom itu untuk menghabiskan waktu karena Galih belom kelar juga ketemu sama temennya. oh, btw, butuh perjuangan ekstra buat ngetik pake keyboard di sana. saya juga ngga ngerti kenapa tiap ngetik 1 huruf gitu, huruf yang muncul dilayar nggak sama sama apa yang kita ketik. misalnya kita ngetik huruf G yang keluar bukan huruf G tapi huruf yang lain. pas saya tanya sama Galih, dia juga ngga tau kenapa, tapi dia bilang keyboard di sana normal-normal aja. well, it means gue yang ngga normal gitu? bisa jadi! :p nah pas udah berhasil buka 1 website, Galih pun dateng. gue berasa rada zonk karena ngetik URL websitenya 15 menit sendiri, pas kebuka baru 5 menit Galih dateng. trus langsung jalan lagi. hiinngg..

yaudah abis dari sana Galih ngajakin kita ke pameran kopi. saya juga ngga tau sih ini pameran kopi maksudnya apa. tapi mikir, bisa kali yaaa nih nyicip-nyicip. yaudah jalan lah kita dari perpustakaan ke tempat pameran itu yang konon katanya diselenggarakan di Muzium Seni Asia. museum ini letaknya yaa di dalem UM-nya. ternyata pas sampe sana ngga ada pameran kopinya. adanya Doodle for Unity. kurang tau juga sih ini acara apa, pokoknya ada banyak karya anak-anak gitu dipajang di sana, kebanyakan gambar atau lukisan. macem-macem gambarnya, ada yang gambar bendera Malaysia, Menara Kembar, gunung, wajah, dll.  ada permainan anak juga dan saya baru tau kalo permainan tradisional kita sama Malaysia juga rada-rada mirip. contohnya kayak ular tangga sama pabrek (teplek/bete).

 Doodle for Unity

 pabrek, teplek, bete, whatever you named it

oh iyaa Doodle for Unity ini kan cuman event-event bentaran gitu doang yah, jadi dia ngga selalu ada di museum ini. kalau di dalam Museum Seni Asia ini sendiri banyak dipamerkan benda-benda peninggalan masa lalu kayak gerabah, tembikar, dan yang sejenis itu. ada juga seperangkat gamelan, dan masih banyak lagi deh.

di sini ngga begitu lama, dan kita jalan lagi. sekarang ke tempat yang ada tulisan Universiti Malaya-nya. jalannya lumayan jauh juga. panas pulak tapi untungnya tempat foto yang kita tuju adem.

 sorry for the inconvenience :p

ceritanya marahan #apasihgal --"

berhubung jam 2 Galih ada ketemu sama dosennya, jadi abis foto-foto di sini kita ke gedung jurusannya Galih. nungguin dia bentar di sana. sempet bingung juga abis dari sini mau ke mana lagi. Galih nawarin kita berdua nonton bareng temen-temennya dia, tapi saya pribadi sih ngga mau dan donna juga agak ragu-ragu. bukan apa-apa sih tapi nonton itu nggak pernah masuk ke dalem itinerary kita. kita berdua lebih suka menjelajah ke tempat-tempat yang beda dari yang biasa kita temuin, tsaahhh, bilang aja duit abis haha :p

saya sama donna sepakat buat ke Masjid Negara akhirnya. kita melanjutkan perjalanan ke Masjid Negara. oh ngomong-ngomong ini kesimpulan saya soal UM kalo dibandingin sama UI. i love UI, so much. hahaha UM agak panas, kalo UI agak adem. ngga ngeliat ada danau di UM, UI mah banyak danaunya. teruuuss kayaknya UI masih lebih luas deh dari UM, atau karena saya nggak muterin UM keseluruhan yah jadi ngga tau UM yang saya puterin itu udah termasuk keseluruhan atau belum. UM juga punya bus mahasiswa tapi bener-bener cuman yang mahasiswa yang boleh masuk, kalo UI terlalu baik jadi umum pun juga bisa masuk :D 

nah, keluar dari UM naik bus Rapid KL lagi sampai Stasiun LRT Universiti trus naik LRT tujuan Gombak turun di Stasiun Pasar Seni. jalan ke Stasiun KTM Kuala Lumpur terus sampai ke Masjid Negara. alhamdulillah-nya saya sama donna berhijab jadi untuk masuk ke dalam lebih mudah. tinggal isi buku tamu, trus titipin sepatu dirak, trus udah deh bisa masuk. nah kalo untuk turis-turis yang ngga berhijab kalo mau masuk harus pakai jubah (yang mirip ama jubah penyihir di Harry Potter) warnanya ungu ngejreng dan pakai hijab juga untuk nutupin rambutnya. oh iya turis-turis asing dilarang masuk ke tempat sholatnya, jadi mereka cuma boleh berkeliling teras Masjid Negara aja. kalo tempat sholat khusus untuk muslim dan muslimah aja.

masjidnya bagus deh. memang ngga sebesar Masjid Istiqlal, tapi interiornya cantik. didominasi sama warna-warna biru dongker gitu untuk kaca-kaca dibagian kubahnya. dan karena ini masjid yang merupakan tempat ibadah jadi saya memilih untuk ngga ambil gambar di dalem tempat sholatnya. tapi kalo di luar tetep foto-foto :p

Masjid Negara / National Mosque Malaysia

(masih) di Masjid Negara

kita di Masjid Negara sampai ashar. dan abis solat ashar Galih harus pulang karena ada urusan sama keluarganya sementara saya sama donna masih lanjut jalan-jalan lagi. yaudah deh, pamitan sama Galih. trus saya sama donna ngeliat-liat peta, nyari tempat wisata deket-deket sana dan ketemulah Muzium Kesenian Islam Malaysia atau Islamic Arts Museum Malaysia. dari Masjid Negara tinggal jalan kaki aja. kita baru sadar kalo ternyata kita nginep di daerah yang cukup strategis karena beberapa tempat kayak kawasan Dataran Merdekat, Central Market, Masjid Negara, Planetarium Negara, KL Bird Park bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki aja (kalo kuat).

untuk masuk ke Museum Kesenian Islam Malaysia ternyata harus bayar yaitu RM12 untuk orang dewasa dan RM6 untuk pengunjung dibawah usia 18 tahun dan pelajar. sementara anak-anak dibawah 6 tahun gratis. pas dikasir kita berdua dikenakan biaya RM12 perorang, tapi si mbak-mbak-nya nanya kita punya kartu pelajar atau ngga. saya sama donna pun ngeluarin kartu mahasiswa kita dan ternyata pakai kartu mahasiswa Indonesia pun bisa masuk dengan harga pelajar yaitu RM6. alhamdulillah hemat RM6, lumayan buat makan :D

Muzium Kesenian Islam Malaysia/Islamic Arts Museum Malaysia

masuk ke dalem pertama kita diarahkan ke Special Gallery. di sini isinya tentang Haji gitu. mulai dari rukun haji, syarat sah, tata cara/pelaksanaan haji, jemaah haji dari Malaysia, dan apapun yang berkaitan dengan haji. abis dari sana baru deh kita naik ke lantai 1. di lantai 1 banyak miniatur-miniatur masjid gitu. mulai dari Masjidil Haram sampai Masjid yang ada di Malaysia. selain itu juga ada manuskrip-manuskrip Al-Qur'an yang udah tua. setelah dari lantai 1 naik lagi ke lantai 2 yang kebanyakan memamerkan peninggalan sejarah islam kayak benda-benda dari logam, kayu, tekstil, dll. berhubung jam museum udah hampir abis, museum di sana rata-rata tutup jam 6 sore. jadi kita turun lagi ke lantai G karena tinggal lantai itu yang belum dijelajahin. di lantai G ada restoran, toko souvenir dan Perpustakaan Kanak-Kanak.

saya sempet takjub gitu sama Perpustakaan Kanak-Kanak ini. interiornya itu pas banget, anak-anak banget lah pokoknya. persis kayak di TK dulu. masuk ke perpus ini berasa balik lagi ke jaman TK, beneran. koleksi yang ada juga udah pasti disesuaikan. kebanyakan yang ada disana adalah buku cerita. yang saya sayangkan dari perpustakaan ini adalah lokasinya. kurang strategis, masuk ke lorong kecil gitu trus lorong ke sana agak gelap. 

sorry rada burem

kangen tekaaa~

lucu-lucu mainannya

susunan buku-bukunya

pulang dari Museum Kesenian Islam Malaysia saya sama donna tinggal jalan kaki aja sampai penginapan. jalan lewat Stasiun KTM Kuala Lumpur lagi, terus nyambung lewat Stasiun LRT Pasar Seni. sekalian deh mampir ke Pasar Seni. niat-nya cuma mau liat-liat apa yang ada di sana tapi ternyata malah sekalian belanja, cewek emang! :p

Pasar Seni (Central Market) tuh isinya Jogja banget lah kalo yang khas Malaysia-nya. yang dijual kebanyakan batik, kerajinan tangan gitu, anyaman, souvenir Malaysia, coklat. ada juga sih yang khas-khas India sama China juga. abis dari Pasar Seni, liat-liat lagi deh barang-barang yang dijual di Kasturi Walk. sama aja kayak di dalem tapi harganya lebih murah dikit dan bisa ditawar, dikit jugak. yang banyak dijual yaaa standar, gantungan kunci, pajangan, gantungan hp, dll. tapi kebanyakan sih jualannya minuman sama makanan gitu.

haaahhhh part 3-nya ternyata panjang juga yaa, semoga ngga bosen bacanya. sampe ketemu di part 4. semoga bermanfaat dan see you (:

baca juga:

gals

You Might Also Like

0 comment