library

Kuala Lumpur, Malaysia (part 3)

Monday, September 30, 2013

semoga para pembaca blog saya ngga pada kabur yaa baca travelling saya sama donna di KL yang sekarang udah sampe part 3. saya sendiri juga nggak tau ini bakal berapa part jadinya. tiap ngepost sehari udah kepanjangan sih kalo mau dilanjutin. daripada bosen bacanya mending istirahat dulu kan. makanya saya bikin per-part gini. 

okee jadii cerita di part 3 ini bisa jadi juga bakal jadi cerita satu hari macem 2 part sebelumnya.

Selasa, 17 September 2013

hari ini tujuan kita agak sedikit rada jelas mau ke mananya karena udah janjian duluan sama Galih sebelumnya. oh iyaaa Galih itu temen SMP (MTs) saya yang lama tinggal di Kuala Lumpur. jadi, jam 9 pagi saya sama donna janjian sama Galih buat ke UM (University of Malaya / Universiti Malaya). sebenernya sih Galih emang karena ada urusan gitu sama dosennya sementara saya sama donna yaaa nggak ada kerjaan lain. hahaha boong ding. orang tua saya dan donna rada-rada mirip soal ini. jadi kita minimal harus pergi ke satu tempat yang yaah semacem kalo nggak kampus yaa perpustakaan nasionalnya lah. nah, berhubung saya punya temen yang kuliah di UM yaudah kenapa nggak sekalian aja kita pergi ke UM kan buat liat-liat suasana kampusnya kayak apa. syukur-syukur bisa lanjut master di sana nanti. aamiin (:

ah kan jadi keluar fokus deh. okee jadi kita bertiga janjian di Stasiun LRT Universiti. kalo dari hotel saya sama donna, tinggal naik LRT dari Stasiun Pasar Seni, naik arah Kelana Jaya dan turun di Stasiun Universiti. saya sama donna sampe duluan dan kita nunggu di platform (bahasa gaul Jakarta-nya sih, peron :p) tapi ternyata ngga lama kemudian Galih sms kalo dia udah di halte bus samping Stasiun Universiti. dan demi apapun gue jahat banget karena hampir ngga ngenalin Galih (ini tuh Galih yang rada gemukan atau minus mata gue yang nambah ya, gatau juga sih) kalo dia nggak ngedadahin saya duluan. maklum lah yaa berapa tahun kita nggak ketemu. hahahaha sorriii banget, Gal.

nah dari halte itu kita naik bus Rapid KL yang masuk ke dalem kampus. jangan tanya gue jurusan itu bus karena gue udah ngga merhatiin apa-apa lagi karena udah ngerasa aman punya guide (baca: ada yang diandelin, baca lagi: Galih). turun di mana juga saya ngga tau, pokoknya ngikut aja dah. kalo dibawa nyasar juga saya nggak bakal tau kali :p. abis turun itu kita ke Fakulti Sastera dan Sains Sosial (Faculty of Arts and Social Sciences). ternyata dari sini si Galih mau ketemu sama temen-temennya dulu. karena saya sama donna juga ngga tau jalan mau ke mana, Galih akhirnya nganterin kita ke Perpustakaan UM. jadi lah saya sama donna nunggu Galih di sana. 


di depan Faculty of Arts and Social Sciences

sebenernya yang bisa masuk ke perpustakaan itu cuma mahasiswa aja karena harus nunjukin kartu mahasiswa ke security di sana. tapi kata Galih orang luar juga bisa masuk kalo pas kebetulan security-nya ngga terlalu merhatiin. dan alhamdulillah saya sama Donna bisa masuk, itu artinya kita punya bakat jadi mahasiswa UM beneran, aamiin :p. karena saya nanya ruang internet/lab kom di sebelah mananya jadi Galih ngajak kita ke lantai 3 (kalo nggak salah) tempat lab kom. tapiii kita cuman ngelewatin aja sih soalnya langsung naik lagi ke atas ke tempat koleksi-koleksi bukunya. sementara kita di perpustakaan, Galih pergi ketemuan sama temennya.

ngomong-ngomong Perpustakaan UM ini mengingatkan saya sama Perpustakaan FIB dulu yang lantainya nanggung gitu. duh gimana jelasinnya ya. kalo anak FIB sampe angkatan 2010 pasti tau sih maksudnya lantainya nanggung tuh gimana. ya intinya sih Perpustakaan UM juga mirip-mirip kayak gitu deh. kalo ngeliat keadaannya Perpustakaan UM juga mirip sama Perpustakaan Pusat UI yang lama.


lorong koleksi

rapih, ya. yang shelving rajin nih pasti

sampe di ruang koleksi, jiwa librarian gue pun keluar, tsaaahhh. mulai deh ngeliat keadaan perpusnya. ngga se-spesifik tahu ruangan-ruangan apa aja yang ada di sana sih. liat-liat koleksinya. trus bingung sendiri, ini klasifikasinya pake apaan ya, DDC bukan, UDC juga bukan. atau mereka punya sistem klasifikasi sendiri? awalnya saya juga nggak tau sih mereka pake sistem klasifikasi apa tapi setelah melakukan penelusuran lebih lanjut (tsaahh) ternyata mereka pake klasifikasinya Library of Congress. ternyata bukan Perpustakaan UI aja yang ngejadiin Library of Congress Catalog sebagai katalog rujukan. tapi bedanya kalo Perpus UI itu ngambil subjek-nya aja dari LC Catalog. 

selain klasifikasi, call number-nya juga beda sama kita. kalo kita kan urutannya nomer klasifikasi, tiga huruf awal nama (belakang/depan) pengarang, sama satu huruf awal judul. nah kalo di sana urutannya nomer klasifikasi, tiga huruf awal nama pengarang, sama tahun terbit. bahkan untuk buku-buku lama hanya ada nomer klasifikasi sama tiga huruf awal nama pengarang aja. beberapa buku juga ada yang belum dikasih call number. bisa kali nih jadi proyekan selanjutnya ($.$) hahahaha..


contoh call number di Perpusakaan UM

keterangan: 
1. Z665 --> LC Classification (kelas Library and Information Science)
2. Neg ---> 3 huruf awal nama pengarang
3. 2007 ---> tahun terbit buku

sama kayak di Perpustakaan UI kalo mau minjem tinggal scan barcode aja


Radio Frequency Identification (RFID)


awalnya saya kira itu cuma stiker kepemilikan koleksi aja, tapi setelah diraba dan diterawang (duit kali) ternyata RFID. bagus, bisa jadi identitas kepemilikan buku juga. coba perpus UI pake RFID ada tulisan Perpustakaan Universitas Indonesia juga ngga putih polos aja.

setelah saya sama donna puas (baca: bosen) di ruang koleksi kita turun ke lantai bawah. setelah mencari-cari sampai ke lantai dasar, kita ngga berhasil nemuin katalog online dari Perpustakaan UM. tapi di lantai dasar itu ada beberapa komputer yang saya asumsikan sendiri sebagai komputer untuk katalog online. ternyata pas dideketin, mahasiswa bebas buka apa aja di komputer itu jadi ngga bisa dibilang komputer khusus akses katalog online juga. saya sama donna iseng-iseng ke komputer-komputer itu dan nyoba akses katalog online Perpustakaan UM (nama situs web-nya ditempel di salah satu pilar di sana). btw, katalog online Perpustakaan UM namanya Pendeta Discovery, bisa diakses disitus pendeta.um.edu.my.

katalog online Perpustakaan UM, Pendeta.

abis dari lantai bawah, kita naik lagi ke lantai 3 tempat lab kom. dan di sinilah kejadian memalukan terjadi. jadi gini ceritanya, saya sama donna lagi jalan, terus tiba-tiba.... oke stop sampe sini! dilarang kepo loh. pokoknya saya malu banget deh. haha, cukup saya, donna, sama beberapa mahasiswa UM di sana aja yang tau :p

intinya kita balik ke lab kom itu untuk menghabiskan waktu karena Galih belom kelar juga ketemu sama temennya. oh, btw, butuh perjuangan ekstra buat ngetik pake keyboard di sana. saya juga ngga ngerti kenapa tiap ngetik 1 huruf gitu, huruf yang muncul dilayar nggak sama sama apa yang kita ketik. misalnya kita ngetik huruf G yang keluar bukan huruf G tapi huruf yang lain. pas saya tanya sama Galih, dia juga ngga tau kenapa, tapi dia bilang keyboard di sana normal-normal aja. well, it means gue yang ngga normal gitu? bisa jadi! :p nah pas udah berhasil buka 1 website, Galih pun dateng. gue berasa rada zonk karena ngetik URL websitenya 15 menit sendiri, pas kebuka baru 5 menit Galih dateng. trus langsung jalan lagi. hiinngg..

yaudah abis dari sana Galih ngajakin kita ke pameran kopi. saya juga ngga tau sih ini pameran kopi maksudnya apa. tapi mikir, bisa kali yaaa nih nyicip-nyicip. yaudah jalan lah kita dari perpustakaan ke tempat pameran itu yang konon katanya diselenggarakan di Muzium Seni Asia. museum ini letaknya yaa di dalem UM-nya. ternyata pas sampe sana ngga ada pameran kopinya. adanya Doodle for Unity. kurang tau juga sih ini acara apa, pokoknya ada banyak karya anak-anak gitu dipajang di sana, kebanyakan gambar atau lukisan. macem-macem gambarnya, ada yang gambar bendera Malaysia, Menara Kembar, gunung, wajah, dll.  ada permainan anak juga dan saya baru tau kalo permainan tradisional kita sama Malaysia juga rada-rada mirip. contohnya kayak ular tangga sama pabrek (teplek/bete).

 Doodle for Unity

 pabrek, teplek, bete, whatever you named it

oh iyaa Doodle for Unity ini kan cuman event-event bentaran gitu doang yah, jadi dia ngga selalu ada di museum ini. kalau di dalam Museum Seni Asia ini sendiri banyak dipamerkan benda-benda peninggalan masa lalu kayak gerabah, tembikar, dan yang sejenis itu. ada juga seperangkat gamelan, dan masih banyak lagi deh.

di sini ngga begitu lama, dan kita jalan lagi. sekarang ke tempat yang ada tulisan Universiti Malaya-nya. jalannya lumayan jauh juga. panas pulak tapi untungnya tempat foto yang kita tuju adem.

 sorry for the inconvenience :p

ceritanya marahan #apasihgal --"

berhubung jam 2 Galih ada ketemu sama dosennya, jadi abis foto-foto di sini kita ke gedung jurusannya Galih. nungguin dia bentar di sana. sempet bingung juga abis dari sini mau ke mana lagi. Galih nawarin kita berdua nonton bareng temen-temennya dia, tapi saya pribadi sih ngga mau dan donna juga agak ragu-ragu. bukan apa-apa sih tapi nonton itu nggak pernah masuk ke dalem itinerary kita. kita berdua lebih suka menjelajah ke tempat-tempat yang beda dari yang biasa kita temuin, tsaahhh, bilang aja duit abis haha :p

saya sama donna sepakat buat ke Masjid Negara akhirnya. kita melanjutkan perjalanan ke Masjid Negara. oh ngomong-ngomong ini kesimpulan saya soal UM kalo dibandingin sama UI. i love UI, so much. hahaha UM agak panas, kalo UI agak adem. ngga ngeliat ada danau di UM, UI mah banyak danaunya. teruuuss kayaknya UI masih lebih luas deh dari UM, atau karena saya nggak muterin UM keseluruhan yah jadi ngga tau UM yang saya puterin itu udah termasuk keseluruhan atau belum. UM juga punya bus mahasiswa tapi bener-bener cuman yang mahasiswa yang boleh masuk, kalo UI terlalu baik jadi umum pun juga bisa masuk :D 

nah, keluar dari UM naik bus Rapid KL lagi sampai Stasiun LRT Universiti trus naik LRT tujuan Gombak turun di Stasiun Pasar Seni. jalan ke Stasiun KTM Kuala Lumpur terus sampai ke Masjid Negara. alhamdulillah-nya saya sama donna berhijab jadi untuk masuk ke dalam lebih mudah. tinggal isi buku tamu, trus titipin sepatu dirak, trus udah deh bisa masuk. nah kalo untuk turis-turis yang ngga berhijab kalo mau masuk harus pakai jubah (yang mirip ama jubah penyihir di Harry Potter) warnanya ungu ngejreng dan pakai hijab juga untuk nutupin rambutnya. oh iya turis-turis asing dilarang masuk ke tempat sholatnya, jadi mereka cuma boleh berkeliling teras Masjid Negara aja. kalo tempat sholat khusus untuk muslim dan muslimah aja.

masjidnya bagus deh. memang ngga sebesar Masjid Istiqlal, tapi interiornya cantik. didominasi sama warna-warna biru dongker gitu untuk kaca-kaca dibagian kubahnya. dan karena ini masjid yang merupakan tempat ibadah jadi saya memilih untuk ngga ambil gambar di dalem tempat sholatnya. tapi kalo di luar tetep foto-foto :p

Masjid Negara / National Mosque Malaysia

(masih) di Masjid Negara

kita di Masjid Negara sampai ashar. dan abis solat ashar Galih harus pulang karena ada urusan sama keluarganya sementara saya sama donna masih lanjut jalan-jalan lagi. yaudah deh, pamitan sama Galih. trus saya sama donna ngeliat-liat peta, nyari tempat wisata deket-deket sana dan ketemulah Muzium Kesenian Islam Malaysia atau Islamic Arts Museum Malaysia. dari Masjid Negara tinggal jalan kaki aja. kita baru sadar kalo ternyata kita nginep di daerah yang cukup strategis karena beberapa tempat kayak kawasan Dataran Merdekat, Central Market, Masjid Negara, Planetarium Negara, KL Bird Park bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki aja (kalo kuat).

untuk masuk ke Museum Kesenian Islam Malaysia ternyata harus bayar yaitu RM12 untuk orang dewasa dan RM6 untuk pengunjung dibawah usia 18 tahun dan pelajar. sementara anak-anak dibawah 6 tahun gratis. pas dikasir kita berdua dikenakan biaya RM12 perorang, tapi si mbak-mbak-nya nanya kita punya kartu pelajar atau ngga. saya sama donna pun ngeluarin kartu mahasiswa kita dan ternyata pakai kartu mahasiswa Indonesia pun bisa masuk dengan harga pelajar yaitu RM6. alhamdulillah hemat RM6, lumayan buat makan :D

Muzium Kesenian Islam Malaysia/Islamic Arts Museum Malaysia

masuk ke dalem pertama kita diarahkan ke Special Gallery. di sini isinya tentang Haji gitu. mulai dari rukun haji, syarat sah, tata cara/pelaksanaan haji, jemaah haji dari Malaysia, dan apapun yang berkaitan dengan haji. abis dari sana baru deh kita naik ke lantai 1. di lantai 1 banyak miniatur-miniatur masjid gitu. mulai dari Masjidil Haram sampai Masjid yang ada di Malaysia. selain itu juga ada manuskrip-manuskrip Al-Qur'an yang udah tua. setelah dari lantai 1 naik lagi ke lantai 2 yang kebanyakan memamerkan peninggalan sejarah islam kayak benda-benda dari logam, kayu, tekstil, dll. berhubung jam museum udah hampir abis, museum di sana rata-rata tutup jam 6 sore. jadi kita turun lagi ke lantai G karena tinggal lantai itu yang belum dijelajahin. di lantai G ada restoran, toko souvenir dan Perpustakaan Kanak-Kanak.

saya sempet takjub gitu sama Perpustakaan Kanak-Kanak ini. interiornya itu pas banget, anak-anak banget lah pokoknya. persis kayak di TK dulu. masuk ke perpus ini berasa balik lagi ke jaman TK, beneran. koleksi yang ada juga udah pasti disesuaikan. kebanyakan yang ada disana adalah buku cerita. yang saya sayangkan dari perpustakaan ini adalah lokasinya. kurang strategis, masuk ke lorong kecil gitu trus lorong ke sana agak gelap. 

sorry rada burem

kangen tekaaa~

lucu-lucu mainannya

susunan buku-bukunya

pulang dari Museum Kesenian Islam Malaysia saya sama donna tinggal jalan kaki aja sampai penginapan. jalan lewat Stasiun KTM Kuala Lumpur lagi, terus nyambung lewat Stasiun LRT Pasar Seni. sekalian deh mampir ke Pasar Seni. niat-nya cuma mau liat-liat apa yang ada di sana tapi ternyata malah sekalian belanja, cewek emang! :p

Pasar Seni (Central Market) tuh isinya Jogja banget lah kalo yang khas Malaysia-nya. yang dijual kebanyakan batik, kerajinan tangan gitu, anyaman, souvenir Malaysia, coklat. ada juga sih yang khas-khas India sama China juga. abis dari Pasar Seni, liat-liat lagi deh barang-barang yang dijual di Kasturi Walk. sama aja kayak di dalem tapi harganya lebih murah dikit dan bisa ditawar, dikit jugak. yang banyak dijual yaaa standar, gantungan kunci, pajangan, gantungan hp, dll. tapi kebanyakan sih jualannya minuman sama makanan gitu.

haaahhhh part 3-nya ternyata panjang juga yaa, semoga ngga bosen bacanya. sampe ketemu di part 4. semoga bermanfaat dan see you (:

baca juga:

gals

library

Kuala Lumpur, Malaysia (part 2)

Thursday, September 26, 2013

setelah sebelumnya nulis di part 1, sekarang lanjut lagi petualangan saya dan donna di Kuala Lumpur. hari ini beneran ngga tau banget mau ke mana. pokoknya kita tuh serba dadakan deh nentuin mau ke mananya. sama kayak hari ini.

Senin, 16 September 2013

rencananya hari ini kita mau balik lagi ke Perpustakaan Kuala Lumpur. berangkat udah agak siangan jam 10an gitu karena mikirnya kan deket ini lah yaa. 10 menit jalan kaki juga udah sampai (somboongg mentang-mentang udah tau jalan :p). lewatin Petaling Street yang masih sepi (kalo udah siang penuh orang jualan, apalagi sore-malem), foto-foto bentar dan lanjut jalan lagi sampai di Kasturi Walk dan Central Market. pokoknya mumpung masih pagi dan rada sepi jadi kita jalan sambil foto-foto. soalnya kalo udah siang atau sore, apalagi malem susah buat foto-foto di sana. rameee~

 Jalan Petaling / Petaling Street / Chinatown

Kasturi Walk

 Central Market / Pasar Seni

abis foto-foto di Petaling, Kasturi Walk, dan Central Market kita lanjut jalan lagi. tapiiii pas udah deket-deket Perpustakaan Kuala Lumpur, saya kegoda buat masuk ke National Textile Museum. jadilah kita berdua belok dulu ke sana. National Textile Museum itu museum yang banyak memamerkan tekstil-tekstil khas Malaysia which is ngga cuman tekstil bergaya Melayu tapi juga India dan China. kebanyakan yang dipamerkan adalah pakaian-pakaian jaman dulu, sepatu, dan perhiasan kayak gelang, kalung, dan mahkota.

gedung National Textile Museum merupakan gedung lama. dari jauh sih lebih keliatan kayak masjid kali yaa karena ada kubahnya gitu walaupun kecil. pas masuk ke bagian resepsionis, okee pintu udah modern nih yang kebuka sendiri kalo ada orang masuk itu loh. oh iyaa masuk museum ini gratis, ngomong-ngomong. kita cukup isi buku tamu, yang terbagi jadi foreign tourist dan local tourist, trus si resepsionis ngasih kita brosur soal museum tersebut dan baru deh kita bisa masuk dan melihat-lihat ke dalam. penerangannya agak sedikit remang-remang (cenderung gelap menurut saya). saya kurang tahu sih apa itu merupakan bentuk preservasi (tsaahh) buat museum itu atau gimana pengaturan cahaya yang remang-remang begitu. hampir semua koleksi yang dipamerkan terlindungi di dalam kotak kaca dan ada security yang terus mantau kita selama melihat-lihat koleksi. jadi jangan harap bisa sembarangan nyentuh kotak-kotak kaca itu dan foto-foto juga nggak boleh pake flash.

 Donna di depan National Textile Museum / Muzium Tekstil Negara

sejarah bangunan National Textile Museum

nah akhirnya abis dari National Textile Museum kita melanjutkan perjalanan ke Perpustakaan Kuala Lumpur. tapi begitu sampai Perpustakaan Kuala Lumpur ternyata perpusnya tutup. kita juga ngga tau bukanya jam berapa. hiks sedih. yaudah lah yaa abis itu kita jalan ke bagian samping perpustakaan itu dan ketemulah yang namanya Perpustakaan Kanak-Kanak Kuala Lumpur. sama siihh perpusnya tutup juga dan baru buka jam 2 siang, kalo hari Senin. Hari Senin di Kuala Lumpur itu agak mirip kayak hari Senin di Jakarta yang kebanyakan museum pada tutup gitu, tapi kalo untuk perpustakaan mah kita Senin buka normal yaa.


tampak depan Perpustakaan Kanak-Kanak Kuala Lumpur

karena dua perpustakaan tersebut tutup, saya sama donna sempet bingung mau ke mana lagi. oh terus inget kalo di deket sana kan ada Masjid Jamek. akhirnya jalan lagi sampai ke Masjid Jamek. sampai di depan Masjid Jamek ternyataaaaa masjidnya juga ditutup buat umum, yanasib bangat dah ah. sayang banget ini senen masa kebuang gitu aja harinya gara-gara pada tutup. 

berhubung udah masuk jam makan siang juga, kita berdua memutuskan untuk makan dulu (McD kok, lagi pengen makan yang normal dikit, tapi tetep aja saos-nya nggak normal) sambil ngomongin mau ke mana setelah ini. sumpah ngga punya persiapan apa-apa banget kita. setelah makan, kita sepakat buat ke Kuala Lumpur Tower atau yang biasa disingkat KL Tower. naik LRT dari Stasiun Masjid Jamek arah Gombak, turun di Stasiun Dang Wangi. bisa juga naik LRT dari Masjid Jamek yang arah Ampang terus transfer di Hang Tuah naik yang arah Titiwangsa turun di Stasiun Bukit Nanas. jalannya jauh lebih deket dari Stasiun Bukit Nanas dibanding kalo turun di Stasiun Dang Wangi.

karena udah terlanjur salah ambil jalur LRT, begitu turun di Stasiun Dang Wangi saya nanya ke warga lokal arah jalan ke KL Tower. abis ditunjukin gitu eh sempet ngeliat petunjuk jalan yang mengarah kalo KL Tower belok kanan dan Petronas Twin Tower (Menara Kembar Petronas) lurus. galaauu. hahaha. bingung dah kita berdua mau ke mana dulu secara nih dua tempat rada deketan. donna akhirnya menyarankan buat ke Petronas dulu baru ke KL Tower. akhirnya yang harusnya kita belok ke kanan malah lurus terus sampai ke Petronas.

panas banget Kuala Lumpur (nikita mirzani style :p). dibanding foto-foto, saya sama donna lebih milih buat langsung masuk aja ke Suria KLCC, mall yang jadi satu dengan Petronas Twin Tower. jalan sampai ke bagian belakang mall dan ternyata di belakang itu lagi ada acara, lupa namanya, pokoknya soal pecinta-pecinta motor Harley Davidson gitu deh. liat-liat acaranya bentar sambil jalan ke taman-taman di sana. lumayan rada adem, banyak pohon. ada danaunya juga loh, yaahh serupa tapi tak sama lah sama Danau UI :p. foto-foto ngga lupa. ternyata susah juga ya foto menara kembarnya yang full. orang-orang foto sampe jongkok-jongkok, okee dan gue termasuk salah satunya.

finally, got it. per-ju-ang-an! (le-bay!)

masuk lagi ke dalem mall, liat-liat tiket masuk buat naik Twin Tower sampe puncak, mahal yak ternyata RM80. ngga jadi deh naik sampai atas. bodo ah yang penting foto-foto depan landmark-nya :p

miniatur Twin Tower

sorry, abaikan aja gue-nya..

dan setelah dari Twin Tower kita melanjutkan lagi perjalanan ke KL Tower. bisa sih jalan kaki dari Twin Tower, tapi kaki udah gempor jugak dari tadi jalan muluk. pas banget bingung mau naik apa ke sana eh kita ngeliat Go KL, kali ini yang jalurnya Green Line.

buat yang belum tau Go KL, biar saya jelasin sedikit di sini berdasarkan sepengetahuan saya juga. jadi Go KL itu adalah bus yang memang tujuannya diperuntukkan untuk pariwisata di sekitar Kuala Lumpur saja. bus ini terbagi ke dalam dua rute, yaitu Purple Line dan Green Line. Purple Line jalurnya mulai dari Stasiun LRT Pasar Seni sampai Bukit Bintang sementara Green Line jalurnya mulai dari KLCC sampai Bukit Bintang. jalur bus ini sebenernya muter gitu. terus kalo mau pindah line dari Green Line ke Purple Line bisa turun di Bukit Bintang, begitu juga sebaliknya. kabar baiknya lagi Go KL itu busnya cuma-cuma alias gratis! free, free, free talk kakao..., oke stop!

lanjut lagi yaa ke cerita saya tadi yang abis dari Twin Tower mau ke KL Tower naik Go KL turun di.... aaakkk lupa nama haltenya apa. ngga jauh kok cuman 1 atau 2 halte gitu dari KLCC, sumpah gue lupa nama haltenya. dari situ kita tinggal jalan kaki sampai KL Tower. masih agak jauh, tapi lumayan hemat tenaga dari Twin Tower sampe halte itu sih. untuk sampai ke KL Tower kita bisa jalan kaki sampai puncak atau naik shuttle bus yang disediakan gratis oleh pihak KL Tower. fyi, kontur tanah menuju KL Tower itu menanjak jadi mendingan nungguin shuttle bus aja yang berangkat tiap 15 menit sekali. kalo kemarin saya sama donna pas berangkatnya jalan kaki sampai KL Tower-nya dan sampai atas udah ngos-ngosan kecapekan :D merasa perjuangan naik udah berat banget (lebay lau, gal), kita akhirnya membayarnya dengan masuk sampai puncak KL Tower. tiket masuknya RM49 untuk foreign tourist. kalo untuk pemegang kartu MyKad cuman setengahnya (rata-rata emang tempat wisata di Kuala Lumpur ngasih harga tiket masuk yg bedanya hampir setengah dari harga tiket untuk foreign tourist untuk pemegang kartu MyKad).  jangan tanya gue MyKad apaan karena gue juga ngga tau. tapi kalo menuru ke-soktau-an saya sih kayaknya itu KTP-nya orang Malaysia kali ya :p

KL Tower itu termasuk salah satu menara tertinggi di dunia dengan total ketinggian seluruhnya 421 meter. sampai di atas, kita bisa ngeliat kota Kuala Lumpur dari ketinggian. bahkan Batu Caves pun keliatan dari atas menara ini.


view dari atas KL Tower

Twin Tower dilihat dari KL Tower

karena tadi pas berangkat udah (sok-sokan) jalan kaki sampai KL Tower, pulangnya kita milih untuk naik shuttle bus-nya aja. niat-nya setelah ini adalah antara ke Bukit Bintang atau Berjaya Times Square untuk makan malem. turun dari shuttle bus kita jalan kaki lagi sampai halte tempat kita turun naik Go KL tadi. buat ke Bukit Bintang, as i said before kita bisa naik Go KL. naik Go KL Green Line (masih) dan salah turun lagi. kita turun di halte Times Square, harusnya kalo mau ke Bukit Bintang turun di halte Bukit Bintang. jadinya yaudah kita masuk aja ke Berjaya Times Square. donna udah takut aja tuh kalo ngga ada tempat makan yang murah di dalem. tapi begitu masuk mata dan pikiran kita berdua sama, langsung liat-liatan begitu ngeliat KFC di satu lantai di bawah lantai dasar. hahaha. yaudah jadi dalam satu hari itu kita makan junk food 2x. tapi untungnya berat saya sih malah turun bukan naik, soalnya kan diimbangi dengan jalan kaki terus-terusan #tsaahh :D

eh iyaaa fyi aja sih, di Berjaya Times Square tuh ada tangga yang dibikin menyerupain tuts-tuts piano lengkap sama suaranya. jadi kalo kita jalan lewat situ bakal bunyi gitu sesuai tangga nada. lucuk plus unik. okee sebenernya gue yang norak sih! haha.

yang pertama kali lo liat pas masuk Berjaya Times Square

btw, lantai ini juga lucuk. kalo kita jalan, air2an ungu itu ikutan bergerak

sayangnya yang tangga piano itu ngga saya foto :(

okeee berhubung postingan ini juga udah rada panjang jadi disambung di part 3 yaa cerita saya sama donna selanjutnya. semoga bermanfaat (:

baca juga:
1. Kuala Lumpur, Malaysia (part 1)

gals

malaysia

Kuala Lumpur, Malaysia (part 1)

Tuesday, September 24, 2013

akhirnya kesampaian lagi traveling ke luar. kali ini deket banget kok, Kuala Lumpur. ehehe. dan masih tetep traveling sama donna. padahal sempet hampir pergi bertiga tuh sama nadia, sayang nadia nggak jadi ikut karena dia baru aja buka toko. semangat deh buah nadia yang pingin banget jadi entrepreneur (:

saya sama donna seperti biasa dapet tiket promo. yaahh promonya ngga murah-murah amat tapi lumayan lah. naiknya Tiger Mandala, berangkat hari minggu tanggal 15 dan pulang hari jum'at tanggal 20 september. jadi masih anget-anget lah yaa ceritanya (: oh btw ini kedua kalinya saya sama donna ke Malaysia, tapi yang pertama cuma numpang transit aja sebelum ke Korea. cerita kita ke Korea bisa dibaca di sini.

Minggu, 15 September 2013

janjian sama donna langsung di Soetta. sebenernya the drama terjadi sejak beberapa hari sebelum berangkat, yaitu ayah nggak bisa nganter ke bandara karena minggu subuh itu jadwalnya beliau ngaji. berhubung saya orangnya ngga repot dan bodo amatan, jadi saya bilang sama orang tua nanti naik damri paling pagi (jam 4 atau setengah 5an gitu) aja dari Pasar Minggu. tapi lagi, ibu ngga setuju, katanya itu bahaya, blablabla. maklum emang saya flight jam 7.35 dan paling ngga sampe bandara yaa jam stengah 6 sampe jam 6an dah buat check in dulu. keputusan akhirnya sih saya tetep dianter keluarga juga tapi yang bawa tetangga yang emang udah biasa nyupirin keluarga. jam 4an berangkat, sampe Soetta terminal 3 jam stengah 6. wasap donna katanya dia lagi makan di KFC. masalahnya, di terminal 3 nih udah diputerin ngga ada KFC. ternyata pas saya tanya lagi, dia di KFC terminal 1 dan donna ngga liat tiket kalo Tiger Mandala itu terbang dari terminal 3. hahaha..

abis ketemu donna yaudah deh check in trus sarapan bentar, nungguh deh di ruang tunggu keberangkatan. oh iyaa waktu pas lagi nunggu itu ada bule yang nyamperin kita berdua dan nitip tas-nya. dia bilang dia ada urusan bentar di depan gitu. karena sama-sama tujuannya ke Kuala Lumpur yaudah kita nge-iya-in aja. tapi sampe panggilan kedua flight Tiger Mandala ke Kuala Lumpur kok itu bule nggak balik-balik. saya sama donna udah bingung aja, ini orang ke mana. dari pada ketinggalan pesawat akhirnya itu tas saya titipin ke seorang OB yang lagi nyapu disekitar situ. donna bilang dia nggak enak ninggalin tas itu begitu aja. tapi mau gimana lagi, ya kan? setelah sampai di pesawat saya sempet nyari-nyari bule yang tadi tapi ternyata nggak ada, jadi kemungkinannya adalah tujuan kita mungkin sama-sama Kuala Lumpur tapi flight-nya beda.

pesawat take off tepat waktu jam 7.35 dan mendarat lebih cepat lima menit dari perkiraan, 10.35. ngurus imigrasi, beli nomer sementara. oh iyaa masalah nomer ini, sebenernya nomer Indonesia juga masih bisa dipakai sih tapi keluar pulsanya bisa jauh lebih banyak makanya saya memilih untuk ganti nomer sementara aja. selama di KL saya pakai operator Digi. murah juga kok. buat paket BBMan full service sehari cuma RM1. buat SMS ke nomer Indonesia cuma RM0,40sen. abis urusan nomer-nomer-an ini selesai saya dan donna langsung ke luar bandara, ngambil peta Kuala Lumpur yang banyak tersedia di bandara trus langsung beli tiket Aerobus jurusan KL Sentral seharga RM8.

sampai KL Sentral kita pindah naik LRT ke daerah Chinatown karena kita booking hotel di daerah sana. naik LRT seharga RM1 dan turun di Stasiun Pasar Seni, dari sana tinggal jalan kaki deh sampai hotelnya. oh iyaa kita nginep di China Town Inn Hotel di Jalan Petaling (Chinatown). urusan keuangan kelar langsung deh kita dapet kunci hotel, istirahat bentar trus langsung lanjut jalan lagi. cari makan siang sebenernya. ketemu di dalem sebuah mall gitu kali ya sebutannya. harganya juga lumayan deh RM8 sama minum, tapi rasanya agak ngga sesuai di lidah ><

sebenernya saya sendiri juga ngga tau selama di KL mau ke mana aja selain landmark yang udah terkenal macem Twin Tower sama KL Tower. akhirnya saya sama donna memutuskan untuk ke Kuala Lumpur City Gallery. ngeliat lokasinya di peta yang kita ambil dari bandara keliatannya lumayan, deket nggak jauh juga nggak. karena pengen nyobain bus gratis Go KL, saya sama donna akhirnya naik Go KL yang Purple Line. kalo ngeliat peta lagi, keliatannya jalan kaki dari Halte Bangkok Bank nggak jauh, tapi kenyataannya itu bus ngga berenti di Halte Bangkok Bank tapi berenti di Halte Maybank. mana tahu kan kita kalo bus itu berenti di Halte Maybank akhirnya kita kebawa muter sampai balik lagi ke Halte Pasar Seni, pindah ke bus depan dan turun di Halte Maybank. dari sana tinggal jalan kaki aja deh. sempet nyasar juga, nanya sama orang lokal akhirnya dikasih tahu tinggal ikutin sungai sampai ketemu jalan besar trus belok kiri. sampai deh di KL City Gallery.

KL City Gallery itu isinya adalah miniatur bangunan-bangunan yang ada di Malaysia dan kerajinan tangan lainnya yang kebanyakan terbuat dari kayu. tapi yang paling terkenal dari KL City Gallery sih sebenernya tempat fotonya. hehe yang ada tulisan I❤KL itu loh :p


sorry narsis :p


salah satu yang dipamerkan
 miniatur kota Kuala Lumpur. lucuk yah? :D
 si pembuat
abis dari KL City Gallery, jalan ke bagian samping gedung eh ketemu Perpustakaan Kuala Lumpur. tapi waktu itu sih cuma foto-foto aja ngga masuk. soalnya ngga tau buka atau ngga karena hari minggu dan udah agak sore gitu jadi ragu-ragu nyamperin.
Perpustakaan Kuala Lumpur
dari sana saya sama donna baru sadar kalo di depan KL City Gallery dan Perpustakaan Kuala Lumpur itu adalah Dataran Merdeka dan di sampingnya Gedung Sultan Abdul Samad, yang juga merupakan landmark Kuala Lumpur selain Twin Tower dan KL Tower. yaudah jadilah kita foto-foto depan Gedung Sultan Abdul Samad dan jalan-jalan muterin Dataran Merdeka.
 Gedung Sultan Abdul Samad
waktu kita ke sana kurang tau juga lagi ada acara apa di sana karena jalanan di depan gedung itu ditutup jadi enak bisa buat jalan kaki. kalo mau guling-gulingan juga bisa. legaaa~
 Dataran Merdeka dan salah satu tiang bendera tertinggi di dunia (100 M)
 one of part Dataran Merdeka

oh iya, fyi aja sih, Dataran Merdeka itu dikelilingi oleh beberapa gedung terkenal di Kuala Lumpur. Selain KL City Gallery, Perpustakaan Kuala Lumpur, dan Gedung Sultan Abdul Samad, ada juga National Textile Museum, Restoran Warisan, Government Office, dan Royal Selangor Club. 
karena sudah agak sore saya dan donna akhirnya memutuskan untuk pulang ke hotel. belum berani keluar sampai malem sebenernya. hehe. dari Dataran Merdeka akhirnya kita jalan menyusuri jalan yang sama kayak waktu berangkat. sampai di Central Market liat-liat sebentar ada apa aja di dalem sana, trus lanjut ke sampingnya, Kasturi Walk sekalian cari makan malem. dan akhirnya kita malah beli kebab. tau ngga kebab siapa yang ada di sana? iya! Kebab Baba Rafi!

kalau mau ke Dataran Merdeka mudahnya tinggal naik LRT dan turun di Stasiun Masjid Jamek atau bisa juga turun di Stasiun Pasar Seni. nah abis itu tinggal jalan kaki aja deh dari dua stasiun itu. dua-duanya sama-sama enak kok, cuma kebanyakan blog menyarankan turun di Stasiun LRT Masjid Jamek. bisa juga pas mau berangkat turun di Stasiun Masjid Jamek tapi pas pulang naik dari Stasiun Pasar Seni, jadi bisa sekalian belanja di Central Market, Kasturi, atau Petaling Street (Chinatown). optional aja sih itu.
okaaii hari ini cukup sampai di part 1 aja dulu yaa. in shaa Allah kalo lagi ada waktu luang saya sambung lagi nulisnya. semoga bermanfaat. bye.. 

baca juga:
1. Kuala Lumpur, Malaysia (part 2)

gals

takut :""""

Friday, September 13, 2013


melindungi diri? tidak. tapi itu memang tidak mudah untuk dilakukan. meskipun awalnya sudah sangat yakin akan keputusan tersebut tapi makin mendekati harinya justru makin ragu akan keputusan itu. apa yang saya lakukan benar? atau salah? apa semua bisa baik-baik saja nantinya? saya takut. terlalu takut. sangat takut. 

apa yang ditakutkan? kebenaran. saya justru malah takut pada kebenaran disaat seperti ini. tapi, apa kamu sanggup memakai topeng kepura-puraan itu lebih lama lagi, gal? tidak, bukan? tapi saya takut!

tapi apa yang sebenarnya saya cari setelahnya? tidak ada. apa yang saya inginkan setelahnya? tidak ada. lalu apa gunanya berkata? hanya sekedar menyampaikan? hanya agar didengar? atau jangan-jangan justru diam-diam menginginkan jawaban? padahal bilangnya tidak menginginkan semua itu.

D-1. takut. terlalu takut. sangat takut. makin takut.

takut. takut. takut. takut. takut. takut. takut.

LALU, APA YANG BISA BUAT SAYA BERANI?! bahkan diri saya sendiri menjawab tidak tahu.

jahat kah saya?

Thursday, September 05, 2013



jahat kah saya jika berpikir, 


"untunglah kamu tidak berjalan sejauh itu. meskipun saya tetap tidak bisa meraihmu, setidaknya saya masih bisa mengikuti dan melihatmu dari belakang." -gals (: