Kuala Lumpur, Malaysia (part 4)

Sunday, October 06, 2013

aahh alhamdulillah akhirnya punya waktu buat melanjutkan cerita perjalanan saya sama donna lagi ke Kuala Lumpur di part 4 ini. semenjak pulang dari KL ternyata pekerjaan sudah menanti di depan mata dan harus diselesaikan secepatnya sampe-sampe sabtu-minggu gue masih harus lembur ㅠㅠ bahkan postingan ini berhari-hari terbengkalai ditengah jalan dan belum sempet ngelanjutin #curhat.

Rabu, 18 September 2013

hari ini janjian lagi sama Galih. rencananya kita mau ke Batu Caves. Batu Caves itu sebenernya bukit kapur yang bergua dan gua-nya itu dijadiin tempat ibadahnya orang-orang yang beragama Hindu (kuil). jadi, kita janjian ketemu di Stasiun KTM Kuala Lumpur. saya sama donna sampe lebih dulu secara stasiun itu deket dari penginapan kita. tapi ngga lama Galih juga dateng, nunggu kereta bentar dan naik kereta yang jurusan Batu Caves. oh iya harga tiketnya RM1 perorang.

sampe di Batu Caves ternyata kuilnya itu ada di belakang stasiun. jadi jalan kaki dekeeett banget dari stasiun. begitu masuk kita disambut sama patung Hanoman yang tinggi berwarna hijau. saya juga ngga tau kenapa Hanomannya diwarnain ijo, kalo cerita di Indonesia kan Hanoman warnanya putih kayak yang di taman mini itu. kalo mau ke Batu Caves mesti siapin tenaga esktra terutama kaki dan lo harus lebih wasapada aja di sana. kenapa? karena di sana banyak banget burung jadi ati-ati nanti kena jackpot (baca: di-pup-in burung :p) dan banyak monyet yang berkeliaran bebas.

untuk masuk ke dalem Batu Caves kita harus naik tangga yang subahanallah banget banyak dan tingginya. konon katanya sih ada 272 anak tangga di Batu Caves. okeee jadi ini termasuk perjuangan banget sih buat naik karena saya rada jiper liat tangganya trus juga cuaca di sana panas banget. tapiiii yaudah sayang juga nih udah sampe tapi ngga naik. akhirnya naiklah kita bertiga ke atas.

"kalo capek pas lagi mendaki, liat ke bawah. liat sudah berapa jauh lo berjalan dan liat apa yang alam suguhkan buat lo. makin ke atas, alam akan memberi lo pemandangan yang jauh lebih bagus. jadi kalo gue lagi capek pas mendaki, gue akan liat ke bawah dan itu biasanya memacu gue untuk semangat lagi buat naik.." -aJ

nah! saya selalu inget terus tuh kata-kata aJ yang satu itu. jadi inget, waktu itu dia ngomong begitu pas kita main ke Gunung Merapi dan aJ ngajakin saya naik sampe ke tempat labuan, kayak tempat naro sesajen buat di Gunung Merapi gitu. lumayan juga tuh naiknya. 

okee back to the topic, jadi mirip-mirip lah yaa situasinya pas ke Batu Caves, sama-sama naik. jadi tiap capek naikin tangga-tangga itu saya liat ke bawah dan semangat buat naik lagi. sampe di tengah perjalanan gitu ada gua gitu di sebelah kiri. liat-liat bentar dan ternyata masuknya bayar, kagak jadi masuk dah. akhirnya milih buat naik lagi ke atas. dan akhirnya setelah perjuangan banget naik sampe jugak. sampe atas ngga ngapa-ngapain. si donna malah duduk aja, kecapekan. saya lebih memilih buat ngeliatin orang Hindu ibadah sih. eh iyaaa btw di sini Hindu-nya Hindu India gitu kebanyakan yang dateng.

Hanomannya orang sana.

pintu masuk gua

 di dalem gua

 di depan patung Dewa Murugan. nah tuh sebelah kirinya itu tangga naik ke kuil-nya.

setelah merasa cukup di Batu Caves, kita pulang lagi ke KL. rencananya adalah ke National Museum of Malaysia atau Muzium Negara. dari Batu Caves naik KTM rute yang sama kayak berangkat, harga tiketnya beda ternyata sama pas berangkat tadi, sekarang bayarnya RM2 sampai Stasiun Kuala Lumpur. sampe di Stasiun Kuala Lumpur kita mengandalkan peta yang saya sama donna ambil di bandara karena Galih ngga tau jalannya ke Muzium Negara dari stasiun ini. dia bilang dia pernah ke museum gitu tapi lupa karena udah lama dan perginya naik mobil pribadi. setelah jalan kaki 5-10menitan kali ya sampe juga deh di Museum Negara. 

sebelum masuk ke National Museum-nya kita sempet masuk ke salah satu museum kecil yang ada di sana. tapi saya lupa nama museumnya apa, di dalemnya banyak dipamerkan benda-benda masa prasejarah. setelah berkeliling sebentar di sana barulah kita masuk ke National Museum. untuk foreign tourist dikenakan biaya sebesar RM5.

ruang pameran di National Museum terbagi menjadi 4 galeri. di lantai pertama ada 2 ruangan yang terbagi menjadi galeri sejarah awal dan galeri kerajaan-kerajaan Melayu. kemudian di lantai atas juga terbagi menjadi 2 galeri lagi yaitu galeri era kolonial dan galeri Malaysia kini. secara keseluruhan isi dari National Museum Malaysia adalah penggambaran terhadap perkembangan negara Malaysia mulai dari zaman pra sejarah hingga masa kini serta prestasi-prestasi yang pernah negara mereka capai. 

tempatnya sama kayak di National Textile Museum, agak gelap. tapi sejarah yang mereka sajikan memang cukup lengkap. beberapa sejarah bahkan serupa dengan sejarah Indonesia (yaiyalah). oh, dan saya juga baru tahu kalo Malaysia juga menyebut tanah air mereka Nusantara, dulu. saya pikir Nusantara cuma sebutan untuk Indonesia aja.

 peta negara Malaysia

 di depan National Museum, Kuala Lumpur

keluar dari National Museum rencananya kita akan melanjutkan perjalanan ke Planetarium Negara. tapi sebelum itu, karena pas keluar National Museum udah siang dan udah masuk jam makan siang jadinya kita makan dulu. nah jam makan tuh jadi waktu-waktu menakutkan buat gue. kenapa? karena ternyata saya ngga bisa beradaptasi dengan makanan lokal Malaysia, aneh kan? padahal Indonesia-Malaysia orang bilang masakannya hampir mirip cuma bedanya Malaysia lebih kaya rempah dan agak manis masakannya. tapi buat saya aneehh. donna bahkan sempet kesel sama saya karena tiap makan di KL ngga pernah abis. 

oke back to da topic. Galih bilang di sana ada bakso yang enak, karena dia pernah beli sebelumnya. jadi akhirnya siang itu kita makan bakso. makanan favorit gue sama aJ. haha. oh btw yang jualan bakso, kata Galih, orang Indonesia. nggak lama pesenan dianter ke meja dan gue takjub aja sama mie putihnya. bukan karena enak takjubnya tapi karena mie-nya tuh agak gede-gede gitu trus kayak lodrok (gue nggak nemu padanan kata lain di kamus Bahasa Indonesia jadi gue pake bahasa sehari-hari gue aja ya :p) jadi bisa dibayangkan seperti apa itu bakso dengan mie putih lodrok, banjir! dan yaahhh seperti biasa ngga abis lagi makannya. emang bakso paling enak sejagat tuh cuman bakso tebet sama bakso joko tole (promosi, tapi no komersil :D). oh btw kalo mau mesen es teh jangan bilang es teh aja, bilangnya tea-O-ice kata Galih. kalo ngga ntar kayak saya. pengalaman di kantin UM ditanya mau minum apa, gue jawab teh eehhh dikasihnya teh tarik.

selesai makan baru deh kita ngelanjutin perjalanan ke Planetarium Negara. tinggal jalan kaki lagi dari National Museum ke arah National Mosque. dari National Mosque lurus terus sampe ketemu pertigaan belok kiri, kalo lurus nanti sampe ke Islamic Art Museum. nah pas belokan ini kontur tanahnya juga nanjak. jadi siapin tenaga ekstra juga kalo mau ke sini. sempet ngerasa nyasar juga karena sepi banget daerahnya. tapi akhirnya nggak lama di depan ada kok tulisan yang menandakan keberadaan Planetarium Negara (sayang ngga ke foto). 

begitu sampai di Planetarium Negara ternyata masuknya bayar. buat foreign tourist RM12, lumayan juga. ngga ada diskon buat pelajar juga di sini, bahkan diskon untuk pelajar asing yang kuliah di Malaysia karena Galih sempet nanya ke ibu-ibu penjaga tiketnya. saya sama donna jadi nggak enak sama Galih. niatnya sih mau patungan buat bayarin Galih, tapi orangnya nolak dibayarin. jadi bayar sendiri-sendiri deh. lumayan loh RM12 bisa buat berapa kali makan di kantin UM. oh iya tiket ini udah termasuk tiket untuk nonton pertunjukkan bintang gitu kayak di Planetarium Jakarta gitu lah mirip.

masuk ke dalem dan liat-liat berbagai macam permainan edukasi yang dipamerkan. tempatnya seru banget, mirip kayak PP IPTEK-nya taman mini gitu tapi ini lebih ke ilmu ruang angkasa gitu. alat peraga yang dipamerkan juga masih berfungsi dengan baik, nggak banyak yang rusak. kita main-main di sana sampai pertunjukkannya mulai jam 3. jam 3 kurang sekian ada pengumuman kalo kita bisa masuk ke dalem teater pertunjukkannya. di dalem juga masih nunggu dulu beberapa menit sampai pertunjukkan dimulai. ruangan teaternya lebih kecil dari Planetarium Jakarta menurut saya. pertunjukkan bintang yang dipertontonkan waktu itu soal terjadinya pembentukan bintang yang dimulai dengan terjadinya big bang sampai akhirnya tercipta bintang-bintang yang sangat banyak di alam semesta. terakhir pertunjukkan yang saya tonton di Planetarium Jakarta soal macam-macam bintang dan rasi bintang, itu sekitar kuliah semester 2-an berarti sekitar tahun 2010an lah, nggak tau deh sekarang pertunjukkannya udah ganti atau belum.

 di depan Planetarium Negara

pertunjukkan di Planetarium Negara ini berjalan selama 30 menit jadi jam setengah 4 juga udah selesai. karena Galih paling ngga harus nyampe rumah jam 4 jadi akhirnya kita memilih untuk pulang. saya sama donna balik ke hotel dan Galih pulang ke rumahnya. jalan bareng sampe Stasiun LRT Pasar Seni baru deh kita pisah. Galih masih harus naik LRT lagi ke rumahnya sementara saya sama donna tinggal jalan kaki. dan karena Galih cuma bisa nemenin kita 2 hari jadi hari berikutnya lagi-lagi saya sama donna ngebolang berdua. haha..


a little reunion haha. he's Galih btw.

malemnya abis dari hotel sih saya sama donna jalan-jalan keluar lagi. kita ke Central Market, nggak jauh dari belanja sama makan di Kasturi Walk. ngomong-ngomong kemaren itu pas kita ke Central Market beli oleh-oleh juga ternyata yang jualan orang Lamongan. ngobrol-ngobrol sedikit sama beliau ternyata sudah berjualan di sana selama 17 tahun. di KL dia tinggal sendiri, anak sama suaminya di Lamongan. beliau pulang setahun sekali tiap bulan Maret. logatnya Malaysia banget (yaiyalah 17 tahun tinggal di Malaysia). karena ngobrol-ngobrol itu akhirnya saya sama donna dapet diskon deh. hehe.

dah, ini doang untuk part 4. tenaaangg masih ada part 5, jangan bosen ya. haha. tapi part 5 will be the last post about our journey, kok. 

baca juga:

gals

You Might Also Like

0 comment