Aplikasi Visa Korea Selatan

Saturday, June 23, 2012

sebenernya udah banyak blog-blog yang nge-share cara-cara apply visa Korea Selatan. tapi dari kebanyakan blog tersebut rata-rata isinya buat orang-orang yang udah kerja dan udah punya penghasilan sendiri. waktu pertama kali mau apply sempet bingung juga karena minimnya informasi mengenai aplikasi visa Korea untuk pelajar/mahasiswa. dan karena hal ini lah akhirnya saya mau berbagi suka duka rasanya apply visa Korea versi mahasiswa. *l-e-b-a-y

selama ini banyak yang bilang kalo mau apply visa Korea itu kita harus udah beberapa kali melakukan perjalanan ke negara-negara non-visa. ini bener-bener bikin saya ciut banget secara belom pernah ke luar negeri sama sekali biar kata itu ke Singapura atau Malaysia yang notabenenya adalah tetangga deket. sempet baca-baca juga katanya kalo belom pernah ke luar negeri sama sekali, visa Koreanya bakal lama dan susah dapetnya. okee kalo gitu ini namanya saya nekat apply nantinya karena tiket pesawat udah ditangan. ke dua, minimal angka ditabungan Rp 50.000.000,-. jujur sih kalo ini saya ngga tau karena saya pake buku tabungan orang tua yang nominalnya di atas segitu. tapi banyak juga yang bilang ngga mesti segitu juga bisa dapet visa Koreanya. terus apa sih yang diliat dari kedutaan biar kita, pemohon aplikasi visa ini, bisa dapet visanya? well, menurut saya yang penting kalian jelas tujuannya mau apa di Korea sana dan tabungan kalian mencukupi selama ada di Korea. gituu sih.

sebelum apply ada baiknya kita tau jenis-jenis visa yang ada di kedutaan Korea. yang pertama itu Single Visa untuk yang melakukan perjalanan ke Korea kurang dari 90 hari.  yang kedua juga Single Visa untuk yang melakukan perjalanan ke Korea lebih dari 90 hari. dan yang terakhir Multiple Visa. masing-masing yang membedakan adalah biaya apply-nya. saya pribadi apply yang Single Visa kurang dari 90 hari karena cuman beberapa hari doang di Koreanya. untuk visa ini saya bayar USD 30 atau Rp 282.000,-

kayaknya kebanyakan yah curhatnya di atas. nah berikut ini adalah berkas-berkas apply visa yang saya kasih ke Kedutaan Korea:

1. Formulir aplikasi visa Korea Selatan yang udah diisi dan diprint. formulirnya bisa isi di Kedutaan langsung atau unduh di sini 
2. Paspor RI yang asli dengan minimal expired 6 bulan. kalo nanti masa berlaku paspor kamu tinggal 5 bulan lagi misalnya, mending perpanjang paspor dulu.
3. Fotokopi paspor (bagian identitas dan alamat)
4. Pas foto ukuran 3 x 4. banyak yang bilang background harus putih, tapi pas saya ke sana katanya background warna apa aja yang penting berwarna. kalo saya buat jaga-jaga sih tetep aja ambil putih. hehehe..
5. Surat Keterangan Kuliah dari kampus kamu. minta yang dalam Bahasa Inggris
6. Surat Keterangan dari orang tua dalam Bahasa Inggris juga. ini buat kalian yang perjalanannya dibiayain oleh orang tua
7. Surat referensi dari Bank. saya pribadi ngga tau ini gunanya untuk apa, soalnya waktu saya apply bareng temen dia ngga nyantumin surat referensi Bank ini dan tetep diterima, sekarang juga udah dapet visanya
8. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
9. Fotokopi bukti reservasi tiket PP 
10. Fotokopi buku tabungan yang cukup
11. Itinerary selama di Korea (rencana perjalanan)
12. Bukti reservasi guesthouse/hotel

point 11 dan 12 itu sebenernya tambahan dari saya. karena saya pertama kalinya ke luar negeri dan langsung ke Korea jadi untuk meyakinkan pihak kedutaan saya sertakan itinerary dan bukti reservasi guesthouse/hotel. dengan begitu kan pihak kedutaan jadi bisa mikir-mikir kalo tujuan saya ke Korea itu jelas (:

dan setelah semua berkas tersebut siap langsung aja dateng ke...

Kedutaan Korea Selatan
The Plaza Office Tower, lt. 30
Jl. MH. Thamrin Kav 28-30
Jakarta Pusat 10350

ini kantor sementara dari Kedutaan Korea, karena kantor kedutaan Korea sendiri lagi direnovasi.

UPDATED!!!
mulai 5 Juli 2013 Kantor Kedutaan Korea Selatan pindah ke Jl. Gatot Subroto (samping RS Medistra)

Kedutaan Korea Selatan
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 58
Jakarta 12950

berikut tata cara apply dan pengambilan visa:

untuk apply visa, berkas-berkas yang udah disiapin itu langsung dibawa ke Kedutaan Korea (alamat di atas) hari Senin-Jumat dari jam 09.00-12.00. jangan lewat dari jam tersebut. pas baru masuk langsung ambil nomer antrian apply visa. tunggu sampe nomer kita dipanggil dan muncul dilayar. kalau sudah dipanggil langsung aja ke loket terus serahin semua berkas tersebut. kalo masih ada yang kurang kita bisa disuruh balik lagi melengkapi persyaratannya, tapi kalo udah ngga ada kita akan langsung dibuatin bukti penerimaan yang berupa tanda terima dan diminta membayar uang sebesar USD 30. tenang aja kita bayarnya tetep pake rupiah kok. cuma ini mengikuti kurs dolar di Indonesia. waktu itu saya bayar Rp 282.000,- karena kurs dolar lagi agak rendah. setelah dapet tanda terima kita tinggal tunggu visanya keluar. normalnya adalah 4 hari kerja udah keluar. karena saya lagi-lagi adalah pertama kalinya ke luar negeri dan paspor masih kosong banget jadi ngga berharap 4 hari langsung keluar. mungkin malah harus ada wawancara dulu.

ini gambar Tanda Terima yang akan dikasih sama pihak kedutaan untuk dibawa lagi pas pengambilan visa

untuk pengambilan visa, kita telpon dulu ke kedutaan, di dalam tanda terima itu ada nomer teleponnya. tanya apa visa kita sudah selesai atau belum. kalau sudah tinggal ambil aja ke kedutaan dari Senin-Jumat jam 13.30-16.30. sampe tempat kita apply visa waktu itu langsung ke loket dan kasih aja tanda terima itu di loket. terus tunggu sampe nama kita dipanggil dan jadi deh kita udah dapet visa Koreanya. waktu itu saya 4 hari kerja nyoba telpon ke kedutaan katanya udah selesai kok, ngga ada wawancara segala. jadi yaaa ngga usah berkecil hati takut ngga keluar visanya. 

visa korea milik saya (:

saran dari saya, mending apply sendiri aja kalo ngga sibuk. soalnya kalo lewat travel agent gitu lebih mahal. jatohnya bisa sampe Rp 500.000,-. lagipula ngga sulit kok tinggal dateng aja, sekalian cari pengalaman.  

itu lah tadi berkas-berkas yang harus dilengkapi dan tata cara apply serta pengambilan visa Korea Selatan. semoga berguna untuk teman-teman yang mau apply juga ya. oia kalo untuk yang udah kerja bisa langsung buka situsnya kedutaan besar korea aja ya, karena saya ngga begitu tau berkas-berkas apply visa Korea untuk yang udah kerja. semoga postingan saya ini berguna dan good luck everyone (:

gals

You Might Also Like

79 comment

  1. Halo gals, mau tanya. kl pas apply visa itu ada batasan nomor antrian per hari? katanya dari pagi2 udah pada ngantri ya? saya bisanya nyampai disana mungkin sekitar jam 9.15
    Apa keburu? takutnya seperti pembuatan paspor, ada batasan no antrian. tengkyu

    ReplyDelete
  2. kurang tau kalo untuk batasan nomer antrian, tapi saya sampai sana jam setengah 11 masih dapet nomer antrian (:

    -gals-

    ReplyDelete
  3. boleh minta contoh surat keterangan dr orang tua ga? soalnya aku juga mau apply visa kekorea. tolong kirim ke erwina.1307@gmail.com makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  4. @erwina sudah saya kirim ke email kamu. makasih kembali (:

    -gals-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, saya boleh minta contoh surat keterangan dari orang tua juga? Saya butuh nih mau mengajukan visa ke belanda.. Makasih yaaa.. Kalo berkenan tolong dikirim ke devdonat@yahoo.com

      Delete
  5. Hai gals^^
    Saya mau apply visa juga nih. Kebetulan status kita sama, yaitu pelajar/mahasiswa. Kalau boleh tahu, apakah gals punya contoh surat keterangan kampus yang dimaksud? Lalu, bagaimana dengan cotoh surat ijin orang tua? Kalau bisa, email aja ke: pinksmile_77@yahoo.com ya ;) Gomawo gals!^^

    ReplyDelete
  6. hi, ps77elf..
    maaf saya baru liat emailnya (: surat dari kampus ya? emm saya ngga fotokopi suratnya sih, soalnya itu pake format dari kampus saya sendiri. coba aja kamu tanya ke kampus kamu masalah surat untuk visa ini. untuk surat izin orang tua sudah saya kirimkan yaa..
    cheonmanneyo (: sukses untuk apply visanya ^^

    -gals-

    ReplyDelete
  7. maaf boleh minta surat keterangan orang tua juga ? tolong kirim ke deathbrigade23@rocketmail.com . terus kalo pergi sama orang tua tetap mencantumkan surat keterangan ortu ato ga?? thanks before :)

    ReplyDelete
  8. halo, henny aryani..
    contoh suratnya sudah saya kirim ke email kamu yaa..
    maaf baru sempat dibales dan baru sempat ngirim, baru buka blog lagi soalnya (:

    -gals-

    ReplyDelete
  9. maaf boleh minta surat keterangan dari orang tua nya jga hehe tolong dikirim ke hellobabay1@gmail.com thx beforeeeeee soalnya pgn nyoba apply tpi ga ngerti sama surat sponsor orang tua thx yaaaa :)

    ReplyDelete
  10. halo, Hellohe Babay..
    contoh suratnya sudah saya kirim ke email kamu yaa..
    maaf baru sempet dibales dan dikirim..

    -gals-

    ReplyDelete
  11. hey Gals
    informasi yang disampaikan sangat menarik
    kebetulan saya juga akan ke Korea tahun depan beberapa kali, apabila berkenan tolong saya juga dikirimi surat keterangan dari orang tua ke yulian.prof@gmail.com
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  12. halo, ahmad yulianto..
    contah suratnya sudah saya kirim yaa..
    maaf baru sempat dibales dan dikirim..

    -gals-

    ReplyDelete
  13. Halo Gals :)
    Aku boleh minta tolong juga ngga? Kebetulan aku juga akan ke Korea dan statusku juga masih menjadi mahasiswa. Maaf boleh minta surat keterangan dari orangtuanya juga ngga? ke email: izmi-tajriani@live.com
    Makasih ya bila ingin membantu, terimakasih :D

    ReplyDelete
  14. Boleh minta surat keterangan kampus dan orang tua nya seperti apa? Kebetulan saya juga mau apply visa. Bisa dikirim ke rossawidasani@yahoo.co.id atau gandhianwar@yahoo.com. Mohon dibales asap ya sis.. :)
    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  15. halo, izmi dan gandhi anwar..
    contoh suratnya sudah saya kirim yaa.
    maaf baru sempat dibales dan dikirim..

    -gals-

    ReplyDelete
  16. Hai...

    Aku boleh Lingkan boleh mau ke korea juga, apakah boleh lihat contoh suratnya keterangan kampus dan orang tua? ke bella.lingkan7@gmail.com :) thank you

    ReplyDelete
  17. halo, lingkan bella..
    contoh suratnya sudah saya kirim yaa ke email kamu. untuk surat keterangan kampus itu saya ngga ngirim karena biasanya itu tergantung dari kampus masing2 (:

    -gals-

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaikum..

    boleh minta contoh surat keterangan ortu juga gak?
    ke fumoffumozhezhe_kun[dot]yahoo[dot]co[dot]uk yah.. makasih.. infonya bermanfaat bgt nih. tapi tadi barusan aku telpon embassy kok katanya surat referensi bank dibilang tetep butuh ya? padahal udah ada testimoni dr orang2 yg berhasil dpt visa cm dengan rek koran. jadi bingung mesti minta referensi bank apa gak.

    -risetong-

    ReplyDelete
  19. Hallo :-)
    Saya juga ikutan minta contoh surat dari orangtua boleh? Semoga saya semakin termotivasi cari peluang biar bisa ke Korea Selatan secepatnya *aamiin*
    Terimakasih =D

    ReplyDelete
  20. Oiya, ke e-mail nadiaamantareisa@gmail.com ya. Terimakasii ^^

    ReplyDelete
  21. hallo, risetong says something dan nadia amanta..
    suratnya sudah saya kirim ke email masing2 ya, dan pertanyaannya juga udah dijawab diemail (:

    -gals-

    ReplyDelete
  22. Hai.. Saya akan mengadakan perjalanan ke korea pada bulan april dan rencananya awal februari saya akan mengajukan visa. Pengalaman kamu sama banget sama saya karena saya jg belum pernah ke luar negri sama sekali sebelumnya. Agak cemas sih karena tiket udah dibeli dan sayang sekali kalau ga bisa berangkat karena ga dpt visa. Seperti pertanyaan teman2 diatas, saya agak bingung dengan surat sponsor dari orang tua :) Boleh tolong dikirimkan contoh surat keterangan dari orang tua ke email saya: jong.lindawati@gmail.com .. Lalu untuk surat referensi dari bank, perjalanan saya dibiayai oleh orang tua. Berarti rekening tabungan dan surat referensi bank yang dicantumkan adalah milik orang tua ya? Atau rekening pribadi saya juga? Maaf ya merepotkan.. Mohon sekali bantuannya.. Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  23. Halo, saya ada rencana jalan2 ke korea ni, boleh ikut minta contoh surat keterangan orang tuanya juga ga? sha_cool_mulover@yahoo.co.id
    Terima kasih yaa

    ReplyDelete
  24. hallo, pipitong dan siputriwidi..
    contoh suratnya udah saya kirim lewat email yaa dan pertanyannya juga udah saya bales lewat email. maaf baru sempet bales (:

    -gals-

    ReplyDelete
  25. Hi,.maaf boleh minta contoh surat keterangan orang tua.kebetulan mau ngurus visa buat ke korea.
    email (a.kartobi@gmail.com)
    thanks.

    ReplyDelete
  26. hallo, aan kartobi..
    contoh suratnya udah saya kirim lewat email yaa (:

    -gals-

    ReplyDelete
  27. Halo mba, boleh minta contoh surat keterangan orang tua? Saya lagi mengurus visa ke Korea tapi bingung bagaimana isi suratnya. Kalau bisa dikirim ke email saya di fairuza.ahmad@gmail.com Terimakasih mba..

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. hallo, fairuza dan saptiana..
    contoh suratnya sudah saya kirim lewat email yaa dan untuk saptiana juga sudah saya balas mengenai surat keterangan dari kampus (:

    -gals-

    ReplyDelete
  30. sorry mau numpang tanya kalau mau apply visa kerja di seoul bagaimana ya? karena inipun baru pertama kalinya saya ke luar negeri, apakah susah?

    ReplyDelete
  31. maaf saya kurang mengerti kalo applu visa untuk kerja. lebih baik tanyakan langsung ke kedutaan untuk lebih jelasnya..

    -gals-

    ReplyDelete
  32. Halo saya juga boleh minta contoh surat keterangan orang tua gak? Saya mau buat visa minggu ini, ini email saya wiwik.wika@rocketmail.com
    Terima kasih byk ya. I'll kindly wait your reply :)

    ReplyDelete
  33. halo.. saya boleh minta contoh surat orangtua dan kampusnya tidak ya ke alamat email saya anindita.prawesti@gmail.com .. jujur agak takut mau apply visa korea.. makasih yaa.. ^^

    ReplyDelete
  34. halo wiwik dan anindita..
    contoh suratnya sudah saya kirim yaa. dan untuk anindita mengenai surat dari kampus juga sudah saya bales lewat email..
    maaf baru sempat kirim..

    -gals-

    ReplyDelete
  35. Halo gals :D salam kenal.. Boleh minta tolong kirim surat keterangan ortu sama surat keterangan kampus? Ke nidiaramadhani@gmail.com :D makasih banyak yaa :D

    ReplyDelete
  36. halo, boleh minta tolong kirimin contoh surat keterangan ortu sama kampus ga? :)
    kirim ke anakagung.ayumaharani@gmail.com
    makasih ya :D

    ReplyDelete
  37. halo nidia dan ayu..
    suratnya sudah saya kirim lewat email ya (:

    -gals-

    ReplyDelete
  38. hi, seru jg cerita2 kamu di Seoul.. Ohya, boleh minta surat ortu & kampus nya? Email aku faedea22@gmail.com Thank you yaaa :)

    ReplyDelete
  39. halo, fae..
    terima kasih, untuk suratnya udah saya kirim lewat email yah (:

    -gals-

    ReplyDelete
  40. hi boleh minta cth surat keterangan ortu juga? email aku wulan.ndp54@gmail.com

    ReplyDelete
  41. halo wulan..
    suratnya sudah saya kirim yaa..

    -gals-

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. hi mau tanya dong..kalau tabungan terkahir 3 bulan rekening kita ga ada dalam jumlah dari persyaratan itu bagaimana yaa ?, tolong balas info nya by email ya :) , ayuasela09@gmail.com
    thnks :)

    ReplyDelete
  44. yang jelas jumlah tabungan harus mencukupi untuk biaya hidup selama kita disana nggak harus sampe 50jt. dan history tabungan juga diliat, jadi ngga bisa ada tiba2 dana dalam jumlah besar tiba2 masuk..

    -gals-

    ReplyDelete
  45. gals, kebetulan saya juga ingin pergi ke korea. apa boleh minta contoh surat orang tua? desy_jikoren@hotmail.com tolong dikirim kesini yaa..
    makasih..^^

    ReplyDelete
  46. Halo gals :) saya boleh minta contoh surat keterangan orang tua nya juga gak. Email saya bita_miro@yahoo.com
    Thank you

    ReplyDelete
  47. halo desynatalia dan bitabitzy..
    contoh suratnya udah saya kirim ke email masing2 yaa..

    -gals-

    ReplyDelete
  48. Hi gals, kamu wkt isi formnya yg bagian potential length of staynya brp hari? Kok dpt ijin tinggalnya sampe 90 hari?thank youu..

    ReplyDelete
  49. halo, aku isinya 5 hari..
    soalnya emang visa korea itu paling sebentar 90 hari. ngga ada lagi dibawah itu (:

    -gals-

    ReplyDelete
  50. hi, bisa minta kirimin contoh surat keterangan orang tua? email sy: firstthingid@gmail.com

    makasih :)

    ReplyDelete
  51. haloo.. minta tolong juga dong kirim contoh surat keterangan orang tua.. email saya nisa.chairani@gmail.com

    terimakasih sekali bantuannyaa :)

    ReplyDelete
  52. hi gals boleh minta surat keterangan ortu,kampus? ke putripermata8@gmail.com thanks^^

    ReplyDelete
  53. + klo bolehh tau judul musik diblog ini apa ya? bagussss ;'

    ReplyDelete
  54. halo, vee, annisa, putri..

    contoh surat keterangan orang tua udah saya kirim ke email masing2 (:

    tambahan untuk putri judul musiknya itu The Morning of Palace. salah satu soundtrack dari The Moon That Embracess The Sun (:

    -gals-

    ReplyDelete
  55. hai gals..
    aku luthfi nih dari bandung rencananya nanti bulan juni atau juli-an aku pengen ke korea nih, aku belum pernah ke luar negeri, boleh kan aku nanya nanya nih? boleh minta bbm, no hp, atau facebooknya ga? pengen banget kesana cuma masih blank blm tau apapa :))

    email aja ya ke mluthfic@yahoo.com
    ditunggu bgt ya sist

    ReplyDelete
  56. hai boleh minta kirimin surat keterangan dari orang tua ke e-mail saya andita_95@yahoo.com thanks before yah :) ditunggu e-mailnya :)

    ReplyDelete
  57. hi gals maaf bgt boleh tolong kirim saya surat keterangan dari orang tua ke email hellobabay1@gmail.com waktu itu kamu udah pernah kirim ke aku tapi laptop ku rusak jadinya ilang semua hehehe maaf yaa...btw surat keterangan kampus harus dalam bahasa inggris ya?

    ReplyDelete
  58. Hai gals, aku blh minta contoh surat keterangan ortu juga? Hehe oya, kalo soal rekening tabungan bank apa bisa menggunakan rekening orang tua saja, atau harus dicantumkan rekening pribadi aku juga ya? Soalnya rekeningku nominalnya ga banyak hehe mohon bantuannya ya gals, thanks before :)) -dinarsyafiraharuka@yahoo.com

    ReplyDelete
  59. halo, putri, hellohe, dan dinar..
    suratnya udah saya kirim ke email masing2 yaa dan pertanyaan dari hellohe dan dinar juga udah aku bales lewat email..

    -gals-

    ReplyDelete
  60. halo gals.. saya bisa minta contoh surat keterangan dr ortu?? :) email: missatid@gmail.com.
    thank you so much for your help :)

    ReplyDelete
  61. haloo miss atid..
    contoh suratnya udah saya kirim ke email kamu yaa..

    -gals-

    ReplyDelete
  62. haloo. aku bisa minta surat keterangan ortunya juga? makasih yaa :) kusumahusninayusrin@yahoo.com

    ReplyDelete
  63. halo, kusuma..

    sudah saya bales ya ke emailnyaa..

    ReplyDelete
  64. hai, boleh minta contoh surat keterangan ortu jg gak? makasih yaa sebelumnya :)
    email : er.roszita@yahoo.com

    http://satu-september.blogspot.com

    ReplyDelete
  65. halo, renida..
    contoh suratnya sudah saya kirim lewat email yaa..

    -gals-

    ReplyDelete
  66. Hii... saya shirley, saya akan ke korea bln september dan sekarang lg galau setengah mati mikirin visa krn semua saya urus sendiri, ga pake travel T.T
    Bs mnt tolong dikirimkan contoh surat sponsor dr orang tua?? Bs dikirim ke c_li_blue@yahoo.com
    Kalo saya pake rekening saya sendiri plus nyantumin pny ortu supaya lbh terjamin gt bs ga ya?? Trus surat sponsornya jd isinya gmn..
    Maap bnyk tanya.. thx..

    ReplyDelete
  67. Hallo mbak..saya jg mau ke korea agustus ini..mau juga dong surat keterangan dari orang tuanya.. email aku joannedama@gmail.com makaai banyak ya mba.. :)

    ReplyDelete
  68. hai.. aku lucky.. kebetulan aku jg lagi mau urus visa ke korea, aku jg mau dong liat contoh surat keterangan dari orang tua? email aku luckynovella@rocketmail.com terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  69. terima kasih mba untuk postingannya yg sangat bermanfaat :D
    berhubung sy juga mau apply utk visa ke korea, apakah saya boleh minta contoh surat keterangan dari orang tua ya mba? email saya: ivanaireneadam@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  70. haloo semuanya, sudah saya kirim ke email masing2 yaa contoh surat izin dari orangtuanya. semoga bermanfaat (:

    -gals-

    ReplyDelete
  71. Hi.. Aku Halida, kebetulan aku mau ke Korea Juli nanti. Boleh minta contoh surat izin dr orang tua ga? Makasih banyaaaaaaak ya :))
    emailku violin0393@yahoo.id

    ReplyDelete
  72. Hi, aku Ita. Boleh minta contoh surat izin dari orang tua dikirim ke d.r.mahita@gmail.com? Makasih banyaaaaaaks yaw ;D

    ReplyDelete
  73. gals boleh minta juga surat izin orangtua sama surat yang dari kampusnya? kalo bisa juga yang form isian aplikasi visa koreanya ya, soalnya saya agak bingung juga ngisi nya.

    dikirim ke mluthfic@yahoo.com ya gals, makasih bangett sebelumnya

    ReplyDelete
  74. Hi gals,

    Boleh minta contoh surat keterangan ortu juga? email aku alfikri.ridwan@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  75. Hai gals...boleh minta contoh surat ket dr ortu juga? kirimnyavke frezzy_ruu@hotmail.com

    ReplyDelete
  76. Hai gals.. postingan km membantu sekali.. saya sdg ad rencana utk ke korsel december ini, bolehkah saya meminta contoh surat sponsor dari orang tua? Email saya : Feidriwan@gmail.com. terima kasih banyak gals

    ReplyDelete
  77. Salam kenal Kak, Wah saya juga statusnya mahasiswa, oya kalau formulir untuk permohonan visa itu nantinya kita print terus isi sama tulisan tangan atau kita ketik dulu baru di print?? Terimakasih

    ReplyDelete
  78. @eka winingsih: salam kenal juga. maaf eka baru sempat saya balas. print dulu, kemudian isi dengan tulisan tangan..

    ReplyDelete