Sunshine Becomes You - Ilana Tan

Saturday, January 28, 2012

halooo sudah lama tidak menulis blog lagi. sudah hampir tiga bulan yah sepertinya melihat tulisan terakhir di post tanggal 6 november 2011. ada saat-saat dimana malas menulis itu muncul. entah itu karena ga ada inspirasi, atau inspirasi yang ada kurang kuat untuk dijadikan tulisan. itu yang dirasain makanya nggak nulis lagi diblog ini. sempat berpikir untuk "mematikan" blog ini. tapi, nggak jadi karena saya suka menulis. menulis apapun even tulisan yang tidak penting :D

setelah sekian lama nggak menulis sempet bikin otak tumpul sih karena berhenti berkreasi dengan kata-kata, makanya sekarang mencoba untuk menulis lagi. untuk tulisannya yang sekarang ini akan mencoba untuk mereview sebuah novel bagus yang judulnya Sunshine Becomes You.

Ini kisah yang terjadi di bawah langit New York...
Tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan...
Tentang impian yang bertahan di antara keraguan...
Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup.

Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu-malaikat kegelapan yang membuatnya cacat. Kemudian Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan.

Awalnya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga.
Kemudian Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebear begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

itu tadi adalah sinopsis ringkas yang ada dibukunya.

Sunshine Becomes You bercerita mengenai kisah antara Alex Hirano, seorang pianis terkenal, Mia Clark, seorang penari kontemporer hebat, dan orang-orang yang berada di sekitar mereka. pertemuan mereka yang tidak terduga, persaingan antara Alex dengan adiknya, dan harapan Mia akan dirinya sendiri.

Alex Hirano tidak pernah menyangka bila pertemuan pertamanya dengan Mia akan berakhir tragis dengan kecelakaan yang menimpa dirinya yang disebabkan oleh Mia. Mia menawarkan bantuan untuk mengurus keperluan rumahnya karena merasa bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut. Siapa sangka semua bermula dari sana? Keberadaan mereka satu sama lain makin lama makin terasa sebagai sebuah kebiasaan hingga bila ada diantara mereka yang tidak terlihat akan membuat yang lainnya merasa hidup mereka tidak lagi lengkap. Alex akhirnya mengakui apa yang dirasakan oleh perasaannya terhadap Mia dan Mia berusaha untuk tidak menunjukkannya meskipun ia merasa dirinya lengkap bila ada Alex. keduanya saling membutuhkan satu sama lain tanpa mereka sadari sejak kapan. sejak kecelakaan tersebut? atau sejak Mia mengurus keperluan Alex ketika ia masih dalam pemulihan dari kecelakaan tersebut?
well, itu silahkan dibaca sendiri (: akan ada banyak kejutan di dalam novel tersebut.



Judul Buku: Sunshine Becomes You
Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2012
Tempat Terbit: Jakarta
Genre Buku: Fiksi












ada kata-kata yang selalu saya suka dan sepertinya telah menjadi ciri khas dari buku-bukunya Ilana Tan.

'Tetapi ia tidak bisa menjelaskan kenapa ketika kepala Mia bersandar di bahunya, segalanya terasa benar.'

kata-kata yang saya garis miring di atas lah kata-kata yang saya suka dan sepertinya menjadi ciri khas dari buku-buku Ilana Tan.

Ilana Tan selalu mampu menghipnotis pembacanya melalui kata-kata yang bergulir dari tulisannya. ia menggunakan kata-kata yang baku tapi ketika kita membacanya tidak terasa seperti kata-kata baku. seolah kata-kata tersebut memang seperti itu jalinannya. saya selalu suka membaca karya hebatnya. awal saya berkenalan dengan karyanya adalah dari Autumn In Paris yang merupakan buku keduanya. kenapa saya langsung membaca buku ke duanya? simpel, karena saya tidak tahu ada yang pertama. di dalam Autumn In Paris barulah saya tahu ada buku pertamanya dan sejak saat itu saya selalu mengikuti novel-novelnya yang selanjutnya.

Summer In Seoul, Autumn In Paris, Winter In Tokyo, Spring In London, dan Sunshine Becomes You. tulisan-tulisan hebat yang lahir dari tangan 'si penulis misterius', begitu saya menyebutnya. Ilana Tan tidak pernah menunjukkan jati dirinya kepada pembacanya. ia hanya menuliskan sedikit sekali informasi mengenai dirinya di buku pertama, Summer In Seoul, selanjutnya tidak pernah ada tentang penulis yang biasanya selalu ada di novel-novel lainnya.

The author must keep his mouth shut when his work starts to speak.
-Frederick Nietzsche


Dan itulah yang akan kulakukan. aku akan membiarkan bukuku bercerita sendiri. Tapi setelah aku mengucapkan terima kasih kepada para pembaca setiaku. Terima Kasih!

itulah yang dikatakan di halaman muka dari novel terbarunya, Sunshine Becomes You. dan ya dia benar-benar menutup dirinya dan membiarkan tulisan-tulisannya yang bercerita. as always, great work Ilana Tan. I'll wait for the next book..

"Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kaupercayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.." -Mia Clark

"Seseorang pernah berkata padaku bahwa dia tidak tahu kenapa aku bisa mencintai orang seperti dirinya. Terus terang saja, aku juga tidak tahu. Kurasa aku termasuk salah satu orang yang merasa kau tidak membutuhkan alasan untuk mencintai seseorang. Karena cinta terjadi begitu saja. Kau tidak bisa memaksakan diri mencintai seseorang, sama seperti kau tidak bisa memaksakan diri membenci orang yang kaucintai.." -Alex Hirano

-best regards-
gals

p.s: buku ini sebenarnya baru terbit tanggal 2 Februari 2012 nanti, tapi saya mengikuti Pre Order yang dibuka oleh gramediaonline dan menerima novelnya seminggu sebelum launching resminya dan disertai tanda tangan dari Ilana Tan.


You Might Also Like

9 comment

  1. Haii, salam kenal. Saya Heltien.
    Saya jg udah baca SBY (Sunshine Becomes You) keren bgt yah yah yaaaahh. Bikin saya mengharu biru, Hehehe...
    Ilana Tan selalu berhasil membuat pembacanya ikut terbawa perasaan, selalu mampu mengaduk-aduk emosi kita semua (termasuk saya) :D
    Tapi, menurutku belum ada yang menyaingi sedihnya Autumn in Paris. Hehe..
    Nice review,Galuh Ayu Puspita. Keep writing!

    btw, please kind to come to my blog yah :)

    -Heltien-

    ReplyDelete
  2. halo salam kenal juga (: aku galuh..
    iyaaa semua novelnya Ilana Tan selalu sukses bikin kita serasa ada di dalam setiap ceritanya. autumn in paris emang sedih banget, mungkin karena endingnya bener2 diluar dugaan banget yah, kalo sunshine becomes you kayaknya udh mulai agak ketebak. cmiiw (:

    thank you (:

    blog kamu wordpress ya? ngga bisa aku follow dong?

    -gals-

    ReplyDelete
  3. lam kenal.
    novel2 ilana tan emang keren2. bner2 penulis berbakat. aq uda baca smua novelnya kecuali novel SBY. jadi makin penasaran,, nice post,,,

    keep writing and follow blog aq yaa..

    ReplyDelete
  4. tanda tangannya khusus yang PO yak? TT^TT

    ReplyDelete
  5. @masayu soraya: halooo salam kenal juga (:

    iya bener ilana tan bener2 penulis yang hebat. semua jalan cerita dari novelnya pasti ngalir kayak aer, tanpa sadar tau2 udah saling jatuh cinta aja. semuanya berjalan natural dan ngga terkesan kayak dipaksakan.

    ayoo dibaca biar bisa tau serunya buku ini (:

    terima kasih, jangan lupa follow blog aku juga yah (:

    -gals-

    @kakazu4: iyaaa tanda tangannya buat yang PO aja katanya. tapi jangan khawatir, kan masih bisa baca novelnya sekarang udah mulai beredar di toko buku (:

    -gals-

    ReplyDelete
  6. @galuh: Iya aku di wordpress, ga bisa follow2an deh kita. hehe... Btw, kamu suka KPop yah? ini aku ada link lirik lagu n terjemahannya. :)
    http://princessoftea.wordpress.com/

    ReplyDelete
  7. iya aku suka dengerin lagu2 atau nonton drama/film korea. hehehe makasih yaaa (:

    -gals-

    ReplyDelete