Kuala Lumpur, Malaysia (part 2)

Thursday, September 26, 2013

setelah sebelumnya nulis di part 1, sekarang lanjut lagi petualangan saya dan donna di Kuala Lumpur. hari ini beneran ngga tau banget mau ke mana. pokoknya kita tuh serba dadakan deh nentuin mau ke mananya. sama kayak hari ini.

Senin, 16 September 2013

rencananya hari ini kita mau balik lagi ke Perpustakaan Kuala Lumpur. berangkat udah agak siangan jam 10an gitu karena mikirnya kan deket ini lah yaa. 10 menit jalan kaki juga udah sampai (somboongg mentang-mentang udah tau jalan :p). lewatin Petaling Street yang masih sepi (kalo udah siang penuh orang jualan, apalagi sore-malem), foto-foto bentar dan lanjut jalan lagi sampai di Kasturi Walk dan Central Market. pokoknya mumpung masih pagi dan rada sepi jadi kita jalan sambil foto-foto. soalnya kalo udah siang atau sore, apalagi malem susah buat foto-foto di sana. rameee~

Jalan Petaling / Petaling Street / Chinatown

Kasturi Walk

Central Market / Pasar Seni

abis foto-foto di Petaling, Kasturi Walk, dan Central Market kita lanjut jalan lagi. tapiiii pas udah deket-deket Perpustakaan Kuala Lumpur, saya kegoda buat masuk ke National Textile Museum. jadilah kita berdua belok dulu ke sana. National Textile Museum itu museum yang banyak memamerkan tekstil-tekstil khas Malaysia which is ngga cuman tekstil bergaya Melayu tapi juga India dan China. kebanyakan yang dipamerkan adalah pakaian-pakaian jaman dulu, sepatu, dan perhiasan kayak gelang, kalung, dan mahkota.

gedung National Textile Museum merupakan gedung lama. dari jauh sih lebih keliatan kayak masjid kali yaa karena ada kubahnya gitu walaupun kecil. pas masuk ke bagian resepsionis, okee pintu udah modern nih yang kebuka sendiri kalo ada orang masuk itu loh. oh iyaa masuk museum ini gratis, ngomong-ngomong. kita cukup isi buku tamu, yang terbagi jadi foreign tourist dan local tourist, trus si resepsionis ngasih kita brosur soal museum tersebut dan baru deh kita bisa masuk dan melihat-lihat ke dalam. penerangannya agak sedikit remang-remang (cenderung gelap menurut saya). saya kurang tahu sih apa itu merupakan bentuk preservasi (tsaahh) buat museum itu atau gimana pengaturan cahaya yang remang-remang begitu. hampir semua koleksi yang dipamerkan terlindungi di dalam kotak kaca dan ada security yang terus mantau kita selama melihat-lihat koleksi. jadi jangan harap bisa sembarangan nyentuh kotak-kotak kaca itu dan foto-foto juga nggak boleh pake flash.

Donna di depan National Textile Museum / Muzium Tekstil Negara

sejarah bangunan National Textile Museum

nah akhirnya abis dari National Textile Museum kita melanjutkan perjalanan ke Perpustakaan Kuala Lumpur. tapi begitu sampai Perpustakaan Kuala Lumpur ternyata perpusnya tutup. kita juga ngga tau bukanya jam berapa. hiks sedih. yaudah lah yaa abis itu kita jalan ke bagian samping perpustakaan itu dan ketemulah yang namanya Perpustakaan Kanak-Kanak Kuala Lumpur. sama siihh perpusnya tutup juga dan baru buka jam 2 siang, kalo hari Senin. Hari Senin di Kuala Lumpur itu agak mirip kayak hari Senin di Jakarta yang kebanyakan museum pada tutup gitu, tapi kalo untuk perpustakaan mah kita Senin buka normal yaa.

tampak depan Perpustakaan Kanak-Kanak Kuala Lumpur

karena dua perpustakaan tersebut tutup, saya sama donna sempet bingung mau ke mana lagi. oh terus inget kalo di deket sana kan ada Masjid Jamek. akhirnya jalan lagi sampai ke Masjid Jamek. sampai di depan Masjid Jamek ternyataaaaa masjidnya juga ditutup buat umum, yanasib bangat dah ah. sayang banget ini senen masa kebuang gitu aja harinya gara-gara pada tutup.

berhubung udah masuk jam makan siang juga, kita berdua memutuskan untuk makan dulu (McD kok, lagi pengen makan yang normal dikit, tapi tetep aja saos-nya nggak normal) sambil ngomongin mau ke mana setelah ini. sumpah ngga punya persiapan apa-apa banget kita. setelah makan, kita sepakat buat ke Kuala Lumpur Tower atau yang biasa disingkat KL Tower. naik LRT dari Stasiun Masjid Jamek arah Gombak, turun di Stasiun Dang Wangi. bisa juga naik LRT dari Masjid Jamek yang arah Ampang terus transfer di Hang Tuah naik yang arah Titiwangsa turun di Stasiun Bukit Nanas. jalannya jauh lebih deket dari Stasiun Bukit Nanas dibanding kalo turun di Stasiun Dang Wangi.

karena udah terlanjur salah ambil jalur LRT, begitu turun di Stasiun Dang Wangi saya nanya ke warga lokal arah jalan ke KL Tower. abis ditunjukin gitu eh sempet ngeliat petunjuk jalan yang mengarah kalo KL Tower belok kanan dan Petronas Twin Tower (Menara Kembar Petronas) lurus. galaauu. hahaha. bingung dah kita berdua mau ke mana dulu secara nih dua tempat rada deketan. donna akhirnya menyarankan buat ke Petronas dulu baru ke KL Tower. akhirnya yang harusnya kita belok ke kanan malah lurus terus sampai ke Petronas.

panas banget Kuala Lumpur (nikita mirzani style :p). dibanding foto-foto, saya sama donna lebih milih buat langsung masuk aja ke Suria KLCC, mall yang jadi satu dengan Petronas Twin Tower. jalan sampai ke bagian belakang mall dan ternyata di belakang itu lagi ada acara, lupa namanya, pokoknya soal pecinta-pecinta motor Harley Davidson gitu deh. liat-liat acaranya bentar sambil jalan ke taman-taman di sana. lumayan rada adem, banyak pohon. ada danaunya juga loh, yaahh serupa tapi tak sama lah sama Danau UI :p. foto-foto ngga lupa. ternyata susah juga ya foto menara kembarnya yang full. orang-orang foto sampe jongkok-jongkok, okee dan gue termasuk salah satunya.

finally, got it. per-ju-ang-an! (le-bay!)

masuk lagi ke dalem mall, liat-liat tiket masuk buat naik Twin Tower sampe puncak, mahal yak ternyata RM80. ngga jadi deh naik sampai atas. bodo ah yang penting foto-foto depan landmark-nya :p

miniatur Twin Tower

sorry, abaikan aja gue-nya..

dan setelah dari Twin Tower kita melanjutkan lagi perjalanan ke KL Tower. bisa sih jalan kaki dari Twin Tower, tapi kaki udah gempor jugak dari tadi jalan muluk. pas banget bingung mau naik apa ke sana eh kita ngeliat Go KL, kali ini yang jalurnya Green Line.

buat yang belum tau Go KL, biar saya jelasin sedikit di sini berdasarkan sepengetahuan saya juga. jadi Go KL itu adalah bus yang memang tujuannya diperuntukkan untuk pariwisata di sekitar Kuala Lumpur saja. bus ini terbagi ke dalam dua rute, yaitu Purple Line dan Green Line. Purple Line jalurnya mulai dari Stasiun LRT Pasar Seni sampai Bukit Bintang sementara Green Line jalurnya mulai dari KLCC sampai Bukit Bintang. jalur bus ini sebenernya muter gitu. terus kalo mau pindah line dari Green Line ke Purple Line bisa turun di Bukit Bintang, begitu juga sebaliknya. kabar baiknya lagi Go KL itu busnya cuma-cuma alias gratis! free, free, free talk kakao..., oke stop!

lanjut lagi yaa ke cerita saya tadi yang abis dari Twin Tower mau ke KL Tower naik Go KL turun di.... aaakkk lupa nama haltenya apa. ngga jauh kok cuman 1 atau 2 halte gitu dari KLCC, sumpah gue lupa nama haltenya. dari situ kita tinggal jalan kaki sampai KL Tower. masih agak jauh, tapi lumayan hemat tenaga dari Twin Tower sampe halte itu sih. untuk sampai ke KL Tower kita bisa jalan kaki sampai puncak atau naik shuttle bus yang disediakan gratis oleh pihak KL Tower. fyi, kontur tanah menuju KL Tower itu menanjak jadi mendingan nungguin shuttle bus aja yang berangkat tiap 15 menit sekali. kalo kemarin saya sama donna pas berangkatnya jalan kaki sampai KL Tower-nya dan sampai atas udah ngos-ngosan kecapekan :D merasa perjuangan naik udah berat banget (lebay lau, gal), kita akhirnya membayarnya dengan masuk sampai puncak KL Tower. tiket masuknya RM49 untuk foreign tourist. kalo untuk pemegang kartu MyKad cuman setengahnya (rata-rata emang tempat wisata di Kuala Lumpur ngasih harga tiket masuk yg bedanya hampir setengah dari harga tiket untuk foreign tourist untuk pemegang kartu MyKad).  jangan tanya gue MyKad apaan karena gue juga ngga tau. tapi kalo menuru ke-soktau-an saya sih kayaknya itu KTP-nya orang Malaysia kali ya :p

KL Tower itu termasuk salah satu menara tertinggi di dunia dengan total ketinggian seluruhnya 421 meter. sampai di atas, kita bisa ngeliat kota Kuala Lumpur dari ketinggian. bahkan Batu Caves pun keliatan dari atas menara ini.

view dari atas KL Tower

Twin Tower dilihat dari KL Tower

karena tadi pas berangkat udah (sok-sokan) jalan kaki sampai KL Tower, pulangnya kita milih untuk naik shuttle bus-nya aja. niat-nya setelah ini adalah antara ke Bukit Bintang atau Berjaya Times Square untuk makan malem. turun dari shuttle bus kita jalan kaki lagi sampai halte tempat kita turun naik Go KL tadi. buat ke Bukit Bintang, as i said before kita bisa naik Go KL. naik Go KL Green Line (masih) dan salah turun lagi. kita turun di halte Times Square, harusnya kalo mau ke Bukit Bintang turun di halte Bukit Bintang. jadinya yaudah kita masuk aja ke Berjaya Times Square. donna udah takut aja tuh kalo ngga ada tempat makan yang murah di dalem. tapi begitu masuk mata dan pikiran kita berdua sama, langsung liat-liatan begitu ngeliat KFC di satu lantai di bawah lantai dasar. hahaha. yaudah jadi dalam satu hari itu kita makan junk food 2x. tapi untungnya berat saya sih malah turun bukan naik, soalnya kan diimbangi dengan jalan kaki terus-terusan #tsaahh :D

eh iyaaa fyi aja sih, di Berjaya Times Square tuh ada tangga yang dibikin menyerupain tuts-tuts piano lengkap sama suaranya. jadi kalo kita jalan lewat situ bakal bunyi gitu sesuai tangga nada. lucuk plus unik. okee sebenernya gue yang norak sih! haha.

yang pertama kali lo liat pas masuk Berjaya Times Square

btw, lantai ini juga lucuk. kalo kita jalan, air2an ungu itu ikutan bergerak

sayangnya yang tangga piano itu ngga saya foto :(

okeee berhubung postingan ini juga udah rada panjang jadi disambung di part 3 yaa cerita saya sama donna selanjutnya. semoga bermanfaat (:

baca juga:
Kuala Lumpur, Malaysia (part 1)