mimpi 5cm

Monday, March 07, 2011

siang ini pas lagi kuliah tiba-tiba gw dikejutkan dengan sebuah getaran dari tas. okeh intinya sih gw dapet sms aja. bukan sembarang sms. sms yang bisa cukup membuat gw tertampar dan mengembalikan gw kepada keinginan untuk mendaki gunung. sesuatu yang selama ini hanya bisa ada diangan-angan saja tidak ada kesempatan untuk melakukannya. bukan, bukan masalah gw yang nggak kuat naik atau apa. tapi hambatan itu datang dari suatu hal yang mungkin sepele. IZIN.

itulah yang ga akan pernah bisa gw dapatkan dari orang tua gw. bahkan sebelum gw bertanya pun gw udah tau apa jawabannya. yaitu gw nggak akan pernah diizinin untuk naik gunung. mimpi gw dari SMA ngga pernah muluk-muluk kok. gw cuma mau menjejakkan kaki gw di tanah tertinggi pulau Jawa. Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru. cukup sekali, dan itu udah cukup buat gw. dari SMA gw kepengen banget yang namanya naik gunung. dan yah masalahnya selalu berbenturan pada perizinan.

waktu itu temen gw pernah ngajakin untuk naik gunung (lupa waktu itu gunung apa). dia bilang "lo nggak usah ngomong aja chun kalo mau naik gunung. bilang aja nginep di mana kek. tapi sebenernya lo ikut gw naik gunung". kalo gw gila dan nekat udah gw iya-in ajakan itu. tapi gw mikir. kalo gw nggak ijin ntar tau2 gw ilang gimana? hahahaha. orang tua gw ngelarang emang bukan tanpa alasan. pasti ada alasannya. dan alasan itu juga pasti baik kok. mereka pernah bilang. "kalo naik gunung nanti solatnya gimana?" aaaaaaaaa tapi kepingiiiiinnnnnnn banget satu kaliiiiiii aja ijinin ke Semeru. udah abis itu juga gw nggak akan ribut2 deh. duh jadi kebawa emosi gini.

itu impian gw. setelah sekian lama akhirnya gw berusaha melupakan impian gw yang satu itu dan beralih pada mimpi yang lain. mimpi yang mungkin lebih 5 cm dibanding ke Semeru. tapi hari ini sms dari aJ beneran bikin gw tertampar dan merasa diingatkan kembali pada mimpi gw dan aJ juga untuk naik ke Semeru.

jadi hari ini dia baru turun dari Sumbing. Gunung Sumbing ya bukan bibir sumbing -.- dan dia sms gw.

"Ayok chun, kapan nih lo meniru jejak 5cm. Ahaha."

gw lagi kuliah preservasi aja loh dan diingatkan kembali dengan mimpi 5cm itu. gw lupa gw ngebales apa tadi siang. tapi aJ bales lagi.

"Tapi lo ga akan pernah benar-benar merasakan 5cm kalo ga pernah nyoba sekalii aja. gue tiap balik dari gunung pasti bawa pelajaran."

dan gw jawab.

"untuk sementara ini gw akan mengejar 5cm gw yang lain dulu. suatu saat ngga tau kapan kalo waktunya udah dikasih gw akan kejar 5cm yang itu lagi. nanti temenin gw yaa."

kalo ngga salah sih gw jawab gitu. agak lupa juga sih, abis sms-nya udah gw apus sih.

dari tadi kan gw ngomongin 5cm aja tapi ga ngasih keterangan soal 5cm itu. jadi 5cm itu adalah sebuah novel karangan Donny Dhirgantoro. novel ini menceritakan tentang persahabatan 5 orang teman. mereka bersahabat udah dari SMA dan suatu hari mereka mengalami kejenuhan dengan persahabatan mereka dan memutuskan untuk vakum berhubungan dulu selama 3 bulan. dan dalam 3 bulan tersebut mereka bener-bener ngga boleh ngehubungin teman2nya tersebut. mereka harus bergaul dengan orang2 baru disekitar mereka. setelah tiga bulan mereka akhirnya reuni lagi. dan mereka reuni dengan pergi ke Mahameru. dalam perjalanan itulah ada banyak banget pelajaran yang bisa diambil di dalamnya.

dari situ lah gw membangun mimpi gw untuk bisa pergi ke Semeru. ah iya kenapa novelnya diberi nama 5cm? karena ada sebuah quote yang sangat bagus menurut gw. dan gw sih sangat terpengaruh oleh quote ini.

“Apabila kamu punya mimpi, taruh dia 5 cm di depan kening kamu, jadi nggak pernah lepas dari mata kamu. Dan sehabis itu yang kita perlu cuma kaki yang berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dan leher yang akan lebih sering melihat keatas. Juga lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja dan hati yang akan bekerja lebih keras, serta mulut yang akan selalu berdoa.”


mimpi itu tidak akan pernah pudar. selalu dan akan selalu tertanam kuat dihati. hingga masanya tiba aku pasti akan ke sana, Semeru.

-best regards-
gals

You Might Also Like

4 comment

  1. bagus bagus..
    gue mah ga bisa nulis apa apa..

    ReplyDelete
  2. yeee gabisa lah ngejudge diri lo ga bisa nulis apa2. itu lo bisa buat puisi2. itu aja udah bisa dibilang nulis apa-apa..

    ReplyDelete
  3. yap, bermimpi itu adalah usaha pertama kita :)

    ReplyDelete
  4. iyaaa sambil berusaha u/ diwujudkan :)

    ReplyDelete