Let's Start to Write

Saturday, July 31, 2010

postingan kali ini saya terinspirasi dari kata-kata seorang sastrawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. as you know he's a great sastrawan. buku-bukunya udah banyak yang beredar di masyarakat dan kesemuanya menurut saya memilki nilai sastra yang tinggi. oia saya terinspirasi dari kata beliau.

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."
(Rumah Kaca, h. 352)
— Pramoedya Ananta Toer

menulis bisa menulis apa aja. ngga ada kemungkinan tertutup mengenai menulis ini. bahkan nge-blog ini juga salah satu dari kegiatan menulis. menulis bisa dimulai dari hal yang paling kecil seperti menulis diary, yg banyak orang meremehkan kegiatan ini. tanpa mereka sadari menulis diary sama saja dengan kita menulis biografi mengenai diri kita sendiri. menulis sejarah kita, karena diary biasanya memuat kejadian-kejadian yang kita alami.

makanya saya suka banget sama kata2 Pramoedya Ananta Toer di atas. menulis selama tulisan kita dijaga dengan benar maka mereka akan tetap abadi. akan tetap bertahan meskipun kita sudah mati nantinya. seperti buku-buku karya Pramoedya Ananta Toer sendiri. meskipun beliau telah wafat, tetapi masih banyak orang yang menghargai, menikmati, dan membeli buku-bukunya.

saya sendiri, salah satu hobi yg saya suka adalah menulis. menulis apa saja. diary, novel, atau kata-kata apapun. bahkan kalau boleh jujur saya lebih senang menulis ketimbang berbicara. ngga bagus memang kalau tidak seimbang. tapi yah saya lebih senang bermain kata dalam tulisan daripada omongan. saya pernah denger sebuah kalimat yg bagus, yaitu "saat kata tak bisa lagi dapat disampaikan dengan omongan, maka sampaikanlah melalui tulisan". jadi tulisan bisa jadi merupakan media lain dari sebuah komunikasi.

bahkan Pramoedya Sendiri juga mengungkapkan betapa kuatnya sebuah kegiatan menulis itu.

"Sebagai pengarang saya masih lebih percaya kepada kekuatan kata daripada kekuatan peluru yang gaungnya hanya akan berlangsung sekian bagian dari menit, bahkan detik."
— Pramoedya Ananta Toer


so, let's start to write everything that u can write :)

-best regards-
gals

You Might Also Like

0 comment