Flashback 2013

Friday, January 03, 2014

Happy New Year 2014~ yeee~ tahun baru, semangat baru. sudahkah anda membuat resolusi untuk tahun ini? saya? saya bukan termasuk orang yang suka membuat resolusi pertahun. hanya menuliskan apa-apa goal dalam kehidupan saya kemudian saya tulis di wishlist. wishlist di sana tidak ada jadwal kapan harus terlaksananya. tapi sebagai pengingat kalau saya masih punya hutang coretan di wishlist tersebut (wishlist yang sudah tercapai akan saya coret). postingan sekarang sebenernya bukan untuk membahas soal wishlist atau resolusi tapi sebaliknya, flashback dari beberapa hal yang terjadi dihidup saya selama 2013.

dulu, pernah baca, tapi lupa, disebuah artikel, blog, atau buku gitu. katanya, usia yang sesuai dengan tanggal lahir kita adalah usia yang terbaik. nggak ngerti juga ini beneran atau nggak, tapi yang jelas ditahun 2013, di mana usia saya adalah 21 tahun selama 2013 dan 21 juga merupakan tanggal lahir saya, adalah tahun terbaik yang ngasih banyak banget cerita selama 22 tahun saya hidup. dipostingan ini jangan harap bisa nemu sesuatu yang berguna karena isinya cuma kaleidoscope saya sepanjang tahun 2013. yang males baca bisa stop sampe sini, dan yang mau lanjut silakan. :D

Januari 2013

awal tahun 2013. akhirnya sampe juga ditahun ini secara dulu ada ramalan yang bilang katanya 21 Desember 2012 tuh bakal kiamat. saya benci banget sama ramalan ini karena 21 Desember itu tanggal lahir saya. 

awal tahun ini yang spesial adalah Jogjaaaa!!! akhirnya kesampean juga jalan-jalan sekelas (ngga semua ngikut sih). beberapa tahun lalu sebenernya juga sempet sih jalan-jalan sekelas ke Anyer. tapi yang ke Jogja ini lebih istimewa (kalo kata cherrybel) karena pengalamannya. mulai dari dapet bus sewaan ama sopirnya yang nyebelin abis sampe caving di Goa Pindul.

di Jogja ngga lama. kurang lebih 4 harian gitu tapi saya me-lama-kan diri dengan tetep tinggal di Jogja sampe seminggu. penginapan gratis karena 4 hari itu nginep di rumah tantenya Avi (temen sekelas) dan sisa harinya nginep di kosan aJ. selama di Jogja itu cuma ke Goa Pindul, Alun-alun Kidul (itu loh yang terkenal sama pohon kembarnya), Malioboro, Pantai-entah-apa-namanya-pokoknya-deket-dari-Parangtritis, sama Borobudur (ini yang bareng temen-temen saya). nah kalo yang cuman berdua aJ itu ke Gunung Merapi, Pantai Pok Tunggal, Taman Sari, Candi Ratu Boko, sama sempet ke Fakultas Hukum UGM (Universitas Gadjah Mada) juga.

 Gunung Merapi with aJ

Pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Yogyakarta

 Taman Sari

 Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Malioboro

Februari-Mei 2013

Wohoooww ini bulan-bulannya sensitif deh. pokoknya skripsi itu jadi omongan yang paling tabu buat diucapin tapi setiap saat bahasan ngobrol sama temen-temen ngga jauh-jauh dari skripsi. Februari-Mei itu bulan-bulannya penelitian, survei, sebar kuesioner, bimbingan, deadline, semua campur jadi satu. tapi diantara kesibukan itu semua, bulan-bulan ini juga ngasih pelajaran yang luar biasa. kesabaran, keseriusan, kerja keras, deadline, jadi pelajaran yang bisa diambil.

Skripsweet

Juni 2013

abis sibuk-sibuk dengan skripsi, terakhir ada yang namanya pertanggungjawaban terhadap skripsi kita. kalo di UI namanya adalah sidang skripsi. alhamdulillah saya dapet tanggal sidang itu 24 Juni 2013 (tanggal kramat). dan alhamdulillah lagi adalah luluuusss!!! di bulan ini bener-bener banyak-banyak ngucap syukur karena akhirnya di belakang nama ada 1 gelar tersemat. tsaaahh~


Sidaangg~ 
(ki-ka: Pak Zulfikar (pembimbing), Bu Utami (penguji), saya, Pak Sumaryanto (penguji), dan Kak Anton (panitera))

Agustus 2013

best moment di Agustus adalah WISUDA!!! officially lulus dari kampus perjuangan yang masuknya, selama di dalam, dan lulusnya butuh perjuangan semua.


Graduation (:

we made it, girls (:
ki-ka: nadia, saya, donna, munad, mano
September 2013

traveling kedua bareng Donna ke Kuala Lumpur, Malaysia. alhamdulillahnya adalah biaya traveling  semua sendiri. udah ngga minta lagi ke orang tua kayak waktu ke Korea Selatan tahun lalu. di Kuala Lumpur kita berdua cukup lama, 5 hari. ada banyak tempat yang didatengin juga mulai dari Menara Kembar Petronas, KL Tower, Petrosains, Perpustakaan Kuala Lumpur, KL City Gallery, Berjaya Time Square, National Museum of Kuala Lumpur, Batu Caves, Masjid Negara, Dataran Merdeka, Pasar Seni, Museum Tekstil Negara. cukup banyak lah pokoknya. dan the best place-nya adalah University of Malaya (UM). secara nih dari Lulu (temen di kampus, anak filsafat) sering ngomong kalo dia mau lanjut master di UM saya jadi penasaran sama keadaan kampus ini. selain itu, temen SMP saya dulu juga ada yang kuliah di UM. jadi lah saya dan donna muter-muter UM ditemenin sama temen SMP saya itu (:


 
 Kuala Lumpur City Gallery
 Dataran Merdeka

 Menara Kembar Petronas (Petronas Twin Towers)

 KL Tower

 Universiti Malaya (University of Malaya)

 Planetarium Negara

 Muzium Negara (National Museum)

 Batu Caves

Masjid Negara (National Mosque)

Oktober-November 2013

nah bulan-bulan akhir tuh jadi bulan-bulan perjuangan nyari kerjaan. secara udah lulus trus mau ngapain lagi kan? mau lanjut S2, biaya belom ada. jadi yaaa harus kerja buat ngumpulin modal lanjut kuliah lagi. hihi..

nyari kerjaan ternyata sulit yah di Jakarta. nggak ngerti saya yang terlalu idealis atau gimana ini sampe-sampe ngga keterima-keterima kerja. kebanyakan yang buka lowongan untuk fresh graduate macem saya adalah Bank-Bank konvensional sedangkan saya pengennya di Perpustakaan yang sesuai dengan bidang saya. oh dan saya sangat menghindari bekerja di Bank. selain karena dilarang orang tua juga karena saya sedikit ngerti dengan hukum keberadaan bank di dalam Islam. jadi itulah sebabnya saya menghindari bank.

tapi yang jelas saya lebih kepingin bekerja di perpustakaan. sayang kalo ilmu selama 4 tahun kuliah kemudian ngga kepake gitu aja karena kita bekerja dibidang yang terbilang baru dan memaksa kita untuk belajar dari awal. bukannya nggak mau belajar dari awal lagi sih, tapi lebih ke ingin mendalami apa yang sudah dipelajari di perkuliahan karena faktanya ternyata apa yang dipelajari di perkuliahan kemarin ternyata masih sebagian kecilnya saja dari ilmu perpustakaan.

 happy working~ (meja kerja saya di Perpustakaan Universitas Indonesia)

Desember 2013

dan tahun ini ditutup dengaaaannn traveling ke Bandung. kali ini nggak sama donna tapi sama temen saya yang lain, Nadia. sempet ketunda seminggu karena harus psikotes dan interview untuk cpns. akhirnya tanggal 27 kita berangkat. ke bandung naik kereta dan nginep di daerah Dago, Dago Inn nama penginapannya. penginapan ini khusus perempuan dan tempatnya cukup strategis yaitu di seberang terminal Dago.

selama di bandung kita nggak mendatangi cukup banyak tempat. kebanyakan cuma diseputaran Lembang kayak ke Tangkuban Perahu, Bosscha, sama Taman Hutan Raya Juanda. tapi sayangnya pas di Bosscha itu lagi tutup sampe tanggal 7 januari karena libur natal dan tahun baru, jadi cuma sempet foto-foto di luar aja. dan di Tahura Juanda, saya sama nadia memilih trekking sampe Maribaya (kurang lebih sekitar 7-8 kilo). sebenernya di dalem tahura juga dipersiapkan tukang ojek yang siap mengantar, tapi karena dari jakarta niatnya udah pengen trekking, jadilah kita menolak ojek-ojek yang dengan gigihnya nawarin tumpangan.

sayangnya foto-foto di bandung lenyap bersamaan dengan handphone yang juga raib diambil copet. huft. tas kesayangan juga jadi rusak gegara disilet. tapiii disetiap cobaan pasti ada hikmah yang bisa diambil, ya kan? contohnya, kemarin pas hp keambil bersyukur yang keambil hp bukan dompet. coba bayangin kalo yang keambil dompet? waahh ngurus-ngurus isi dompetnya aja akan makan waktu banyak dan isinya juga kebanyakan krusial dibanding hp. ah, jadi inget adek saya bilang gini pas saya cerita kejadian hp saya ilang ini, "2,5%-nya udah keluar belum, kak?". dan saya cuma bisa, "innalillahi, iya yah, 2,5%-nya belum keluar makanya numpuk sampe seharga hp." cambuk yang luar biasa untuk mengingatkan kalo disebagian harta kita ada miliki orang lain (: alhamdulillahnya orang-orang rumah tetap berpikiran positif dengan hilangnya hp saya, jadi saya tetap bisa biasa aja walaupun hp raib. lagipula niatnya punya hp kan juga harus karena Allah yaitu untuk menyambung tali silaturahim melalui telepon atau sms atau lainnya. jadi ketika milik saya yang juga milik Allah tersebut diambil oleh pencopet kita tidak akan berat melepaskannya. pembelajaran aja sih, jangan lupa untuk selalu mem-back-up semua data di hp tersebut ke tempat lain kayak nomer-nomer telpon teman2 kita, foto-foto, dll (:

 Taman Hutan Raya Juanda, Bandung, Jawa Barat

Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung, Jawa Barat

yeup begitulah kira-kira beberapa peristiwa yang saya alami selama 2013. semuanya memberikan pelajaran yang berharga untuk saya ke depannya. bahagia, senang, rindu, marah, kesel, sedih, bingung, semua rasa kayaknya campur aduk jadi satu ditahun ini. tahun yang, jujur, cukup menguras emosi dan tenaga (dan jam tidur). tapi dibalik itu semua ada pelajaran yang bisa diambil. kesabaran, kerja keras, ketekunan, keikhlasan, dan cinta yang benar dimata Allah. 

di 2013 juga saya bertemu banyak sekali orang. diberi kesempatan untuk mendalami karakter mereka masing-masing. mulai dari yang lebih tua hingga yang lebih muda. belajar bagaimana menghadapi orang dari rentang usia yang berbeda. dan mereka juga memberikan banyak pelajaran untuk saya.

di 2014 saya tidak memiliki harapan yang muluk-muluk. klise sih sebenernya, cuma ingin jadi pribadi yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. lebih baik dari segi keimanan, akhlak, tingkah laku. intinya berusaha memantaskan diri, tidak hanya untuk Allah dan diri sendiri, tapi juga untuk orang lain (baca: calon imam dimasa depan. hehe..)

ketika interview kemarin saya ditanya, "adakah peristiwa yang menjadi titik balik dalam kehidupan anda?" dan saya jawab, "ya, ada." seraya dalam hati menambahkan, "dan itu terjadi di tahun ini, 2013." (:

"ketahuilah bahwa apa yang mengenaimu tidak akan luput darimu dan apa yang luput darimu tidak akan mengenaimu." (HR. Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Thabrani)
 
"...boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui." (QS. Al Baqarah: 216)

gals

You Might Also Like

0 comment