Kuala Lumpur, Malaysia (part 5)

Saturday, October 12, 2013

aaaahhh alhamdulillah akhirnya libur panjaaanngg, jadi bisa ngelanjutin cerita perjalanan saya sama donna lagi. hehe. tulisan part 5 ini punya nasib yang sama kayak part 4 yaitu terlantar setengah jalan berhari-hari. belakangan emang kerjaan di perpus lagi hectic banget. kejar setoran, laporan, laporan bulanan, tapiii untungnya ada cuti bersama Idul Adha besok senen jadi bisa sedikit napas dulu dari laporan-laporan dan olah-mengolah bukunya. :D

jadii lanjut lagi ke part 5 yaa. sebelumnya saya ngejanjiin kalo ini bakal jadi postingan terakhir soal ngebolang saya sama donna. tapiiii tergantung nanti saya nulisnya panjang atau ngga. hehe tapi diusahakan untuk jadi yang terakhir :D

Kamis, 19 September 2013

5 hari itu waktu yang lebih dari cukup (buat saya sama donna) buat jalan-jalan ke Kuala Lumpur aja. walaupun nggak semua tempat bisa terjangkau tapi itu udah cukup banget. saya sama donna sempet ngga tau lagi mau ke mana hari ini. waktu pertama kali ke Suria KLCC hari senin, kita sempet ngeliat ada Petrosains di lantai 4 mall tersebut. nah karena Petrosains itu tutup tiap hari senin jadi, hari kamis ini tujuan kita adalah ke Petrosains. karena udah tau ada bus Go KL jadi kita lebih memilih ke Suria KLCC naik bus Go KL. kalo ada yang gratis, kenapa harus naik yang bayar kan? :p

naik Go KL dari Pasar Seni turun di Bukit Bintang untuk transit dan nyambung dengan Go KL yang tujuan KLCC. dan yaahh bakat nyasar gue keluar lagi. jadi kita salah turun lagi. harusnya turun di halte KLCC tapi kita turun di 1 halte sebelum KLCC, jadilah untuk sampe halte KLCC kita jalan kaki. lumayan lah 300m.

sampai di Suria KLCC kita langsung naik ke lantai 4 tempat Petrosains berada. untuk masuk ke dalamnya kita dikenakan tiket masuk seharga RM25 tapi karena kita punya kartu pelajar jadi dikasih diskon 15% jadi kita bayarnya RM21.20 sahaje (:

Petrosains tuh mirip-mirip sama PP-IPTEK. alat peraga yang dipamerkan juga alat peraga ilmu pengetahuan alam secara umum, walaupun semakin ke dalem lebih difokuskan ke ilmu perminyakan. ada 1 alat peraga yang cukup menyenangkan buat saya yaitu alat untuk mengukur kecepatan lemparan bola gitu. waahhh sekalian melampiaskan apa yang ada di hati itu sih :p seruuu~ cukup lama kita berdua di Petrosains karena hampir semua peragaan kita cobain. worth it kok harga tiket sama apa yang disajikan di sana. duh, sayangnya kita ngga foto-foto di sana jadi ngga ada foto yang bisa dipost di sini. maaf~. over all Petrosains recommended buat dikunjungi kalau sedang berada di KL.

abis keluar dari Petrosains kita makan siang di food court Suria KLCC. ada makanan Indonesia yang dijual di sana. karena masih trauma sama makanan-makanan yang masuk ke mulut, jadi saya pesen makanan Indonesia di sana, sayur asem. lumayan. 4 hari ngga ketemu sayur rasanya ngga enak banget. walaupun rasanya ngga seenak bikinan ibu tapi lumayan bikin seger badan hahapadeh. keluar dari Suria KLCC kita foto-foto lagi bentar trus langsung ngelanjutin perjalanan ke Perpustakaan Kuala Lumpur. kali ini niatnya adalah harus masuk ke dalem perpustakaan.

terakhir kok terakhir :p

untuk ke Perpustakaan Kuala Lumpur kita gampangnya naik Go KL lagi, pokoknya prinsip saya sama donna selama ada yang gratis kenapa harus naik yang bayar. haha. nah dari Pasar Seni tinggal jalan kaki ke Dataran Merdeka lagi. nggak sengaja di deket KL City Gallery ngeliat Museum Coklat gitu yang letaknya ada di underground Dataran Merdeka, dan ngga pake pikir panjang lagi kita langsung mutusin setelah dari Perpustakaan Kuala Lumpur kita akan ke museum itu.

sampai di dalem perpustakaan kita harus nitipin tas dulu. nitipinnya itu tinggal masukin tas kita di dalem loker trus masukin koin RM0,50sen yang lama terus udah deh kunci. iyaa jadi emang lokernya bayar 50 sen. udah beres urusan loker (butuh waktu 15 menit buat saya sama donna berurusan dengan loker ini karena ngga ngerti apa2 :p) kita langsung ke lantai 1. di lantai 1 itu tempat koleksi buku-bukunya dipajang.

sistem yang diterapkan Perpustakaan Kuala Lumpur adalah open access untuk textbook non-reference. kurang tau juga kalo untuk textbook reference open juga atau closed karena kita ngga liat-liat ke bagian tersebut (letaknya 1 lantai di atas tempat koleksi textbook non-reference). perpustakaannya enak. ngga begitu sepi pengunjung tapi juga ngga ramai (yaiyalah namanya juga perpus). sempet ngeliatin cukup banyak juga anak-anak sekolah yang dateng untuk belajar kelompok gitu karena saya ngeliat mereka duduk satu meja beramai-ramai. oh iyaa interiornya didominasi warna ungu dan coklat. lantainya juga dilapisi sama karpet jadi kalo jalan ngga berisik dan ngga ngeganggu pemustaka lainnya. smart!

tempat koleksi textbook non-reference

ruang baca dan diskusi

susunan bukunya

seperti yang udah saya mention di atas setelah baca-baca sebentar di Perpustakaan Kuala Lumpur, kita pun turun lagi dan jalan ke underground Dataran Merdeka (lupa namanya apa, tapi bakalan jadi mall kayaknya). di sana niatnya kita mau ke Museum Coklat yang tadi ngga sengaja kita liat petunjuknya. turun ke bawah dan di sebelah kiri langsung tempat museum tersebut. pas masuk yang pertama kali kita lihat adalah mesin-mesin pembuatan coklat. tapi makin ke sini ternyata itu sih bukan museum coklat tapi toko coklat biasa. hiing. kirain beneran museum gitu. tapi lumayan sih testernya :p tapi tapi ngga enak juga sama si mbak-mbaknya mukanya berubah asem pas kita ngga mau beli coklatnya, abis harganya mahal sih plus emang tujuan kita ke sana cuma mau liat-liat museum coklat kayak apa kan ya, bukannya mau beli coklat.

udah deh, hari ini kegiatan saya sama donna cuma itu aja. abis dari Dataran Merdeka itu kita belanja dikit lagi di Central Market sama Kasturi Walk. sampe di hotel juga langsung packing karena besok pagi jam 8 kita udah harus berangkat ke bandara, pulang.

Jum'at, 20 September 2013

hari ini hari terakhir kita di Kuala Lumpur. jam 8 pagi check out dari hotel. jalan sampai Stasiun LRT Pasar Seni, naik LRT ke Stasiun KL Sentral, dilanjut naik aerobus sampai LCCT. oh iyaa dari Stasiun KL Sentral sampai LCCT naik bus-nya bayarnya RM10, lebih mahal RM2 daripada sebelumnya dari LCTT ke KL Sentral. sampai di LCCT niatnya adalah sarapan dulu baru check in. tapi yaa seperti biasa, selera makan saya langsung menguap pas ngeliat makanan padahal perut laper banget jadilah saya ngga sarapan pagi itu, cuma donna aja yang sarapan dunkin.

selesai nungguin donna makan, kita check in dan urusan imigrasi juga kelar, udah deh nunggu beberapa menit di ruang tunggu keberangkatan. begitu gate di buka langsung masuk pesawat. alhamdulillah juga ngga ada acara delay. daaann~ bye bye KL, see you (:

sampe jakarta jam 12 atau setengah 1an gitu. sampe rumah sih jam 3 sore. istirahat bentar, mandi, berangkat lagi ke rumah Garit. hahaha jadi rute hari ini tuh rada random emang. KL-LCCT-Soetta-Rumah-Tebet-Bekasi-Rumah. jadi kenapa gue langsung pergi lagi begitu sampe rumah? karena emang malemnya itu temen-temen kampus saya ngadain perpisahan buat tante. tante itu adalah salah satu teman sekelas saya yang berasal dari Kalimantan, jadi hari sabtunya dia akan pulang ke Kalimantan. makanya kita ngadain perpisahan. tapi, janjian jam berapa pada dateng jam berapa, alhasil pas gue balik dari rumah Garit jam 9-an malem itu temen-temen saya masih pada belom ngumpul jugak :D

oh akhirnya saya ngerasain makanan normal lagi di rumah Garit! #penting

seperti perjalanan sebelumnya, selalu ada perasaan deg-degan dan takut sekaligus semangat dengan apa yang akan saya hadapi nanti di lingkungan yang baru dan tidak dikenal. perasaan seperti itu yang selalu saya rasakan ketika akan melakukan suatu perjalanan. dan yang namanya perjalanan, agar tidak sia-sia, kita harus bisa mengambil pelajaran dari apa yang kita hadapi di perjalanan tersebut. ambil yang baik dan tinggalkan yang tidak baik. terapkan di negara kita, di lingkungan kita. walaupun hanya kita yang melakukannya tapi kita sudah berkontribusi untuk lingkungan.

contoh paling sederhana yang saya bawa pulang dari 2 perjalanan saya ke luar negeri adalah keteraturan dalam bertransportasi. dulu, sebelum saya pergi ke Korea kalau naik kereta pokoknya harus dapet tempat duduk, jadi begitu pintu kereta terbuka yaudah langsung rebutan sesama penumpang buat duduk, padahal waktu nunggu keretanya udah duduk juga. ketika di Korea saya memperhatikan kalau orang-orang di sana nggak ngoyo (maksa) buat dapet tempat duduk. dalam artian, kalo mereka pengen duduk ya mereka duduk, tapi kalo ngga pengen ya mereka akan berdiri meskipun tempat duduknya banyak yang kosong. sepulang dari Korea saya merubah kebiasaan "ngoyo harus duduk" itu. secapek apapun saya ketika pulang kuliah jadinya ngga pernah maksa buat harus banget duduk (sampe maksa-maksa nyempil duduknya padahal itu tempat udah ngga muat). kalo emang dapet duduk ya alhamdulillah, kalo ngga yaudah apa salahnya berdiri 15-30 menit, toh?

dan sebisa mungkin, saat ini, saya menghindari duduk di tempat duduk khusus difable, lansia, dan ibu hamil di kereta walaupun tinggal tempat itu satu-satunya yang kosong. ini juga saya pelajari di Korea. di Korea tempat duduk prioritas itu memang hanya diperuntukkan bagi orang-orang prioritas saja (difable, lansia, ibu hamil). justru kita akan dapat pandangan aneh kalau orang yang masih muda, sehat, dan tidak hamil duduk di kursi prioritas tersebut. setelah pulang dari Korea saya membiasakan kebiasaan ini. lagipula dengan kita duduk di tempat tersebut, sama saja kita mengambil hak mereka yang tidak mampu, toh? itu hanya dua contoh kecil aja yang saya dapatkan selama melakukan perjalanan ke luar negeri. bukan berarti perjalanan di dalam negeri tidak mendapatkan apa-apa loh, melakukan perjalanan di dalam negeri itu membuat kita jauh lebih bangga akan apa yang kita miliki. seperti perjalanan ke Yogya, saya belajar keramahan orang Yogya. di Rembang, saya belajar bersabar dan toleransi beragama (karena kebetulan keluarga saya di Rembang multi agama).

tapi yang pasti selalu ada pelajaran yang lebih dari pada itu, terutama belajar menyukuri atas apa yang diberikan Allah dalam hidup kita sehari-hari. perjalanan itu hanya satu cara yang Allah berikan agar kita terus bersyukur dengan kekurangan atau kelebihan yang dimiliki oleh lingkungan kita. tidak mudah ngeluh, tidak putus asa, tidak terus-terusan menjelekkan lingkungan kita. perjalanan itu perjalanan hati juga (: lebay, ya? sori deh, tapi itu yang gue rasa. dan Kuala Lumpur adalah perjalanan yang membuat saya lebih banyak berpikir. tentang kedewasaan, tentang masa depan, tentang keikhlasan, tentang ketakutan, tentang rasa cemas, tentang ketidak-menentuan, dan tentang cinta yang benar di mata Allah. sounds cliché, rite? tapi itulah pelajaran berharga yang saya bawa pulang ke Jakarta (:

hihi udah ah cukup sekian aja part 5-nya. semoga ke depannya ada banyak perjalanan yang bisa saya lalui dan share di blog ini. hehe. next, belum ada rencana mau ke mana-mana lagi ama donna, but soon we will travelling again. go go shiiingg~ :D

selamat menikmati cerita saya dan selamat liburan semuanyaaa~

oh iyaa sebelum lupa, ada quote yang dikasih temen saya waktu saya pulang dari Korea dan cerita kalo saya sempet nyasar di sana :D. sampe sekarang saya suka banget sama quote ini. ngga tau kenapa.

"For me, traveling without getting lost somewhere is not traveling because it's art of traveling" -Pahonk

baca juga:
Kuala Lumpur, Malaysia (part 1)
Kuala Lumpur, Malaysia (part 2)
Kuala Lumpur, Malaysia (part 3)
Kuala Lumpur, Malaysia (part 4)