random JIP

Saturday, December 11, 2010

barusan abis nonton acara-nya Bank Mandiri gitu di salah satu stasiun TV swasta. dan gw kagum banget ngeliat salah satu profil wirausahawati-nya. keren banget. jadi dia ini mahasiswa trus disitu diceritainnya dia lagi ngeliat tenunan kain songket gitu disebuah majalah ama temennya. sayangnya gw ga denger terlalu jelas dia ngomong apaan. tau2 scene pindah ke dia lagi nanya2 gitu, dan disekitar situ ada orang2 yang lagi nenun songket gitu, nah abis itu pindah lagi deh dia ngasih salah satu songket ke temennya gitu. ternyata temennya suka, dan dia bilang kalo itu buatannya sendiri. waw banget. nah terus dia kepikiran buat jualan songket2 hasil buatannya. pertamanya dia buka toko gitu, tapi agak kurang laku. nah dia pun ngebagusin lagi tokonya, baru deh abis itu makin banyak yg dateng dan makin lama usaha tenung songketnya pun makin besar dan makin sukses. waaww gw takjub banget. masih mahasiswa tapi udah bisa berpikir sejauh itu, apalagi hasil karya sendiri.

emang udah banyak bgt anak2 muda yg sukses dgn menjadi seorang wirausahawan/wati. dan gw selalu merasa tersentil kalo nonton atau baca profile mereka. gw sering mikir, "bisa nggak ya gw begitu?" "sulit nggak sih untuk bisa jadi kayak mereka?" "butuh waktu berapa lama?" "trus modalnya pasti gede yah?". sering banget gw mikir begitu, dan makin gw pikirin malah makin bikin gw ngerasa kecil dan berpikir gw nggak bisa apa2. padahal dicoba aja belom. itu jelekknya gw, suka takut mencoba sesuatu yg menantang. sebut aja gw pengecut. tapi sumpah pengen banget gw bisa begitu, menghasilkan uang dari keahlian sendiri. dan masalahnya adalah, gw nggak punya keahlian apapun. :(

ahiyaaa tiba-tiba gw teringat diskusi gw dengan ayah disalah satu food court mall di jakarta timur.
ayah: "orang yg memulai suksesnya dari bawah pasti beda deh sama orang yang memulai suksesnya emang udah sukses duluan."
gw: "maksudnya?"
ayah: "kalo orang yg memulai suksesnya dari bawah pasti dia akan lebih menghargai hasil yang udah di dapatnya, tapi kalo yang suksesnya udah tinggal nerusin aja biasanya dia ngga terlalu menghargainya."
gw: *diem karena masih ngga ngerti*
ayah: "liat aja dari cara dia menggunakan uangnya. kalo yang memulai dari bawah dia akan lebih bijak ngegunain uangnya, ngga ada istilahnya menghambur2kan uang. kenapa? karena dia ngerasain gimana sulitnya mencari uang tersebut. tapi coba liat yg udah tinggal nerusin. dia akan lebih loyal untuk menggunakan uangnya. beli ini, hayo. beli itu juga hayo."

dan well gw cukup tersentil. gw mungkin berada dipoin ke-dua. dimana gw bisa dibilang hanya tinggal "nerusin". tapi gw juga ngga se-loyal itu ngeluarin uang. dan tiba2 setelah percakapan itu gw mikir "untuk apa deh gw ikut2an orang lain yang bisa dengan loyal-nya ngeluarin uang untuk beli ini itu yang sebenernya nggak terlalu dibutuhin banget. apalagi kalo belinya cuma buat gengsi doang. duh kasian banget orang tuanya cari uang susah2 tapi anaknya ngehamburin dengan senang2". jujur aja gw ngerasa beban banget untuk minta ini itu sama orang tua, karena apa? karena gw ngerasain gimana susahnya kehidupan orang tua gw dari gw masih kecil sampe sekarang, jadi secara ngga langsung gw menyaksikan kehidupan keluarga gw dari susah sampe alhamdulillah kayak sekarang. beda sama mereka yang udah "besar" dari mereka masih dari dalam kandungan pun.

melenceng bener yaaa dari paragraf awal. hahahha sebodo amat dah ah..

last but not least i just wanna say CONGRATULATION for my junior at JIP (jurusan ilmu perpustakaan -jurusan gw nih-) 2010 yang memenangkan musik terbaik, lighting terbaik, kostum terbaik, artistik terbaik, dan JUARA PERTAMA serta JUARA UMUM dalam Petang Kreatif (PK) 2010 (buat yg lupa atau ga tau PK itu apa bisa dibaca disini). akhirnya piala itu jatuh lagi ke tangan JIP setelah dua tahun sebelumnya di pegang oleh Belanda. SELAMAT untuk semua JIP :)

best regards
gals

You Might Also Like

0 comment