Mandalawangi Pangrango

Monday, December 17, 2012

untuk memperingati hari lahir dan hari meninggalnya Seo Hok Gie (17 Desember 1942 - 16 Desember 1969) seorang aktivis Indonesia yang terkenal pada masanya, ini saya posting satu puisi karangan Gie yang menurut saya bagus. puisi ini saya temuin dalam buku Jejak Kampus di Jalan Alam: 40 Tahun Mapala UI. hope you all like it (:


Mandalawangi Pangrango

Senja itu, 
Ketika matahari turun ke dalam jurang-jurangmu
Aku datang kembali ke dalam ribaanmu
Dalam sepimu dan dalam dinginmu

Walau setiap orang berbicara tentang manfaat dan guna,
Aku bicara padamu tentang cinta dan keindahan,
Dan aku terima kau dalam keberadaanmu
Seperti kau terima dalam daku

Aku cinta padamu, Pangrango yang dingin dan sepi
Sungaimu adalah nyanyian keabadian tentang tiada,
Hutanmu adalah misteri segala
Cintaku dan cintamu adalah kebisuan semesta

Malam itu,
Ketika dingin dan kebisuan menyelimuti mandalawangi,
Kau datang kembali dan berbicara padaku
Tentang kehampaan semua

Hidup adalah soal keberanian,
Menghadapai tanda tanya tanpa kita mengerti
Tanpa kita bisa menawar
Terimalah dan hadapilah

Dan di antara ransel-ransel kosong dan api unggun yang membara
Aku terima ini semua
Melampaui batas hutan-hutanmu
Melalui batas-batas jurangmu

Aku cinta padamu, Pangrango,
Karena aku cinta pada keberanan hidup

Soe Hok Gie
19 Juli 1966

You Might Also Like

0 comment