Tango - Goo Hye Sun

Sunday, October 07, 2012


Judul: Tango (탱고)
Penulis: Goo Hye Sun (구혜선)
Penerbit: Ufuk Publishing House
Tahun Terbit: 2009 (Korea) dan 2012 (Indonesia)
Harga Buku: Rp 54.900,- (TB. Gramedia)

Yun tidak pernah menyangka hubungannya dengan Kang Jong Woon harus berakhir ditahun kedua mereka menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih. ia tidak mengerti mengapa Jong Woon memilih mengakhiri hubungan mereka dibanding mempertahankannya. Yun pernah menganggap bahwa berakhirnya hubungan mereka juga karena dirinya yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya sebagai penerjemah bebas yang menuntutnya untuk bekerja sepanjang waktu. Yun bahkan melakukan pekerjaan tersebut juga demi menghidupi dirinya dan Jong Woon karena lelaki itu tidak terlalu beruntung dengan pekerjaannya.

Ketika akhirnya cinta mereka harus berakhir Yun masih belum dapat menerimanya. Ia pergi ke apartemen Jong Woon dan mendapati lelaki tersebut telah bersama dengan perempuan lain. Yun akhirnya menyadari bahwa sebenarnya rasa cinta yang ada di hati mereka telah lama hilang dan Jong Woon memiliki cinta lain selain dirinya. Yun mengikuti saran temannya untuk bertemu dengan Min Young, atasannya di penerbitan dan menaruh hati pada Yun. Min Young bahkan melamar Yun dengan memberikan gadis itu sebuah cincin sebagai tanda keseriusannya. Di sisi lain sebuah cinta ditawarkan kepada Yun oleh seorang laki-laki bernama Si Hoo yang ternyata adalah mantan pacar teman Yun, Eun Yi. Diantara dua cinta Yun harus memilih satu yang akan diperjuangkannya. Yun akhirnya memilih untuk menarikan tarian tango dengan Si Hoo.

Tango adalah tarian yang pernah diajarkan Jong Woon pada Yun. Yun akhirnya sadar bahwa mereka selama ini tengah menarikan tango dengan langkah yang tidak seirama dan saling injak sehingga menyakiti pasangan mereka. Yun menyadari bahwa dirinya lebih nyaman menarikan tango bersama dengan Si Hoo dan ia akhirnya membuka hatinya untuk Si Hoo. tapi sayang ketika Yun sudah memilih sesuatu kembali terjadi dengan hubungan percintaannya.

apa sesuatu yang terjadi tersebut? bagaimana kisah Yun dan Si Hoo selanjutnya? temukan ending langsung di novelnya :D

Tango adalah novel pertama yang dibuat oleh artis multi talenta pemeran Geum Jan Di di Boys Before Flowers, Goo Hye Sun. novel ini dalam waktu seminggu sudah terjual sebanyak 30.000 kopi. saat ini pun Tango sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

awalnya saya beli novel ini dan tertarik membacanya adalah karena penulisnya yang seorang aktris Korea. awal membaca pun masih agak kurang ngerti dengan terjemahannya tapi lama-lama saya mulai menikmati membacanya walaupun masih harus membaca dua sampe tiga kali baru ngerti. selama membaca terjemahan novel ini saya jadi mikir apa novel Korea selalu seperti ini ya, penuh dengan majas dan perumpamaan. oh iya novel ini jadi beda karena Goo Hye Sun memasukkan lukisannya di dalam novel ini. jadi ia membuat ilustrasi sendiri dari novel yang ditulisnya ini. keren. denger-denger juga lukisan-lukisan yang ada dibuku ini pun sempat dipamerkan di galeri La Mer Insadong, Seoul, dan jadi pameran lukisan pertama yang digelarnya. double keren! cantik, seorang aktris, sutradara, model, penulis, dan pelukis, bener-bener multi talenta.

saya kasih rating 3,5 untuk novel ini karena terbantu dengan lukisan-lukisannya yang keren!

-best regards-
gals

"kau harus menerima dirimu sendiri. lalu, kau harus melepaskan dirimu.." - Hee Dae

"hidupku. aku peran utama dalam hidupku, kan?" - Yun

"jika beruntung, aku juga akan mencintai orang lain lagi.." - Yun

You Might Also Like

0 comment