[Mari Berkhayal] Jika Aku Menjadi...

Friday, June 01, 2012

Gubernur Jakarta!!!

banyak yang mempertanyakan apakah Jakarta sudah tidak bisa diubah lagi? jawabannya....

Ngga tau. 

tanyakan pada warganya, apa mereka mau Jakarta berubah? lantas kalau jawaban mereka mau, MEREKA SENDIRILAH yang harus mengubahnya karena orang yang ada di atas sana sibuk berdebat soal memperbaiki Jakarta dan lupa untuk mulai bergerak.

1. kemacetan. ini permasalahan yang bener-bener ga tau lagi harus gimana menguranginya. jalanan diperlebar, jalanan dibikin di atas, jalan dibikin bebas hambatan tapi 1 pun belum ada yg bisa mengurangi kemacetan apalagi di jam-jam sibuk.

i will do: meneruskan proyek bus transjakarta dan jalanannya. ini solusi yang baik sebenernya. 
opini: bus transjakarta armadanya diperbanyak, dipreservasi dgn baik, jalurnya bener2 disterilkan, dan jalurnya diperbanyak. kalo udah begini akan banyak kok warga Jakarta yang mau naik transjakarta

i will do: memperbanyak kereta dan jalurnya
opini: percaya atau ngga kereta itu sarana transportasi yang lebih nyaman dibanding bus transjakarta loh -kalo ngga ada kejadian ban bocor di tengah jalan sih- (gangguan sinyal dan keterlambatan jadwal maksudnya). kalo sarana transportasi di Jakarta kayak gini pasti banyak yang milih untuk naik kendaraan umum dari pada bawa kendaraan sendiri

i will do: melakukan pembatasan terhadap kendaraan bermotor.
opini: 1 keluarga cukup punya 1 mobil dan 2 motor. itu udah cukup. ngga perlu sampe punya 4 mobil dan 4 motor (kalo anggota keluarganya ada 4). sisanya silahkan lakukan mobilisasi dengan angkot, sepeda, atau jalan kaki.

i will do: pemotongan rute angkutan umum.
opini: ngga perlu sampai menutup trayeknya, tapi kalau memang rutenya kebetulan sama mulai dari shelter awal bus transjakarta sampai shelter akhirnya yaaa mau bagaimana lagi memang harus ditutup, ini sedikit bisa ngurangin kemacetan sih. terus buat trayek lainnya yang ngga sama banget rutenya silahkan beroperasi di rute yang tidak bersisihan dengan bus transjakarta.

2. banjir. naahhh lima tahun sekali Jakarta biasanya jadi lautan coklat alias banjir. ini juga masalah banget. ngga tau deh ini salah pemerintah atau warga Jakarta sendiri.

i will do: melakukan pendalaman sungai secara berkala
opini: selama ini ngga tau deh pada sadar atau ngga tapi sungai ciliwung itu mengalami pendangkalan loh. nah pendangkalan sungai ini juga salah satu penyebab terjadinya banjir. kalau sungai di keruk secara berkala pasti ngga akanbanjir lagi deh *soktau

i will do: memindahkan bangunan yang letaknya di bantaran sungai
opini: pemicu terjadinya banjir salah satunya yaaa adanya bangunan yang letaknya udah menjorok ke sungai. seharusnya dipinggiran sungai diberi batasan antara bangunan dengan sungai, kalo sekarang mah ngga, bangunan justru ada di atas sungai persis, gimana mau nggak banjir coba kalo gini caranya. pindahinnya kemana? kemana yaaa masa mau ke akhirat sih :p ntar deh dipikirin lagi mau dipindahin ke mana :p

i will do: membuat daerah resapan air terutama dipinggiran sungai
opini: sebenernya udah ada yang bikin ini, lupa tapi di jakarta mana, jadi dia ini bikin hutan kecil gitu dipinggir sungai. dan setiap bangunan harus punya resapan air biar air hujan ngga langsung masuk selokan trus ke sungai.

i will do: melarang pembuangan sampah ke sungai
opini: sampah itu selalu jadi penyebab utama banjir deh, ngga mungkin kan orang2 nyalahin hujan? terus nanti buang sampahnya di mana dong? ya di tempat sampah lah. 

i will do: menyediakan 1 tempat sampah yang besaarr banget di tiap RT di Jakarta
opini: dengan cara ini warga Jakarta ga perlu lagi buang sampah ke sungai. kalo mau buang sampah silahkan ke tempat sampah ini yang harus diambil setiap hari untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir. di tempat2 umum juga harus ada tempat sampah yang banyak.

3. menjamurnya mall-mall. baahh ini mah hampir di tiap tempat pasti ada deh mall. tinggal pilih aja mau yang untuk kalangan atas, menengah, atau bawah semua ada di Jakarta.

i will do: melarang pembangunan mall selamanya, bolehnya renovasi aja.
opini: udah cukup banyak sih abisan mall-mall yang ada di Jakarta sekarang. mending kalo 1 tempat itu penuh semua, nah ini aja masih banyak kios-kios yang kosong masa udah mau bikin mall lagi. 

i will do: membangun dan memberdayakan perpustakaan
opini: ehehehe mau egois dikit aahh kan saya dari jurusan Ilmu Perpustakaan yaaa jadi di Jakarta harus punya perpustakaan di tiap kecamatan minimal 1 dan harus berjalan dengan baik. gaperlu ngebuka dompet tapi harus ngebuka pikiran. wisata murah, penuh ilmu nan berkah. aiiihh..


permasalahan Jakarta tuh apaan lagi sih selain 3 hal di atas? heemm kayaknya sih yang krusial itu ya? ntar kalo inget diedit lagi deh yang kurang-kurang. hahahaha. sekali lagi ini cumah KHAYALAN aja loh ya. semuanya murni cuman IMAJINASI saya aja.

tapi saya serius yang bagian warga Jakarta-nya sendirilah yang harus mengubah wajah Jakarta. kalo emang pesimis mah yaudah silahkan hidup didalam lingkaran setan yang melenakan ini :p

akhir kata, saya selesaikan sampai sini aja. jangan lupa pilih saya yaa CaGub Nomer 7. hahahhaha :D

-best regards-
gals

ps: inspirasi dateng dari para cagub2 yang pada mau nyalonin diri jadi gubernur Jakarta. semoga sukses ya bapak2nya, kalo saya yg nantinya kepilih jangan iri yuaaaa :D

You Might Also Like

0 comment