Hujan Punya Cerita Tentang Kita - Yoana Dianika

Friday, May 18, 2012

 
Kinanthi atau yang biasa disapa teman-temannya dengan Kie berhasil lolos mengikuti KKN di daerah terpencil di Bojonegoro. Krisan, teman satu fakultasnya pun juga berhasil lolos dan di tempatkan di kelompok yang sama dengan Kie. Kie dan Krisan adalah dua pribadi berbeda yang saling bertolak belakang. Kie lebih pendiam, tidak suka keramaian, astraphobia, dan lebih suka menyendiri dengan Ipodnya, sementara Krisan cantik, mudah bergaul dan seorang model.

Rangga adalah seorang mahasiswa dari fakultas Ilmu Budaya yang berhasil lolos dalam program KKN di kampusnya. ini lah yang ia nanti-nantikan. KKN, pergi ke desa terpencil, minim sinyal, apalagi sambungan internet, tapi jiwa pecinta alamnya sangat menantikan ketika ia harus menjelajah alam atau memotret daerah yang masih alami. Rangga merupakan mahasiswa pecinta alam dan hobinya fotografi. ia sangat menyukai hujan.
masih ada nama-nama lain Azar, Adin, Yuli, dan teman-teman sekelompok KKN mereka.

Krisan dan Rangga adalah teman semasa kecil, meskipun hubungan mereka sempat meregang karena sama-sama sibuk kuliah, tapi dengan KKN mereka kembali dipertemukan. Krisan mengenalkan Kie pada Rangga saat hari pembekalan KKN di kampus. Rangga sudah mulai tertarik dengan Kie sejak pertemuan pertama mereka. Masa KKN di desa kecil di Bojonegoro pun berjalan. mereka harus tinggal di rumah kecil yang mengharuskan mereka saling bekerja sama. makin lama Kie mulai menarik perhatian pula pada Rangga. di sisi lain Azar, teman satu kelompok mereka pun juga menaruh perhatian pada Kie. tapi ternyata Kie lebih memilih Rangga dibanding Azar. Kie dan Rangga kemudian jadian setelah mereka selesai KKN.

hubungan Kie dan Rangga berjalan dengan sangat baik hingga ketika suatu hari Krisan menceritakan bahwa dirinya sudah tidak perawan lagi. Kie kaget, dan berdasarkan cerita dari Krisan, ia menyimpulkan kalau Krisan melakukannya dengan Rangga. merasa dikhianati, Kie berlari dan meminta Azar menjemputnya. Azar yang masih menaruh perhatian dengan Kie pun menjemputnya. tapi Azar juga tidak enak dengan suasana yang seperti ini. ia ingin melihat Kie tersenyum lagi dan akhirnya membantu Kie dengan cara mempertemukan mereka berdua. Rangga menjelaskan keadaan Krisan pada Kie ketika mereka akhirnya bertemu, pertemuan yang telah diskenario-i Azar. Kie percaya pada Rangga dan mereka berbaikan.

cerita mereka tidak selesai sampai di sana. selama ini Kie hanya tinggal dengan Mamanya, Papanya telah lama berpulang. suatu hari Mamanya berkata ingin memperkenalkan dirinya dengan seseorang. mereka akhirnya bertemu, betapa kagetnya Kie ketika orang yang ingin diperkenalkan Mamanya sebagai "calon papa barunya" ternyata memiliki seorang anak laki-laki, dan ia adalah Rangga. mereka berdua tidak mampu menolak pernikahan kedua orang tuanya. singkat cerita mama Kie dan papa Rangga menikah. Kie dan Rangga mau tidak mau harus menjadi kakak-beradik. meskipun keduanya masih saling mencintai, tapi mereka tidak mungkin melawan kedua orang tuanya. 

mama Kie memiliki ide untuk menjodohkan Kie dengan Azar yang notabene-nya adalah anak dari teman dekatnya. Kie setuju, ia hanya sakit kalau harus melihat Rangga sebagai kakaknya, bukan sebagai orang yang bisa dimilikinya. tanggal pertunangan ditetapkan. Kie dan Azar menikah sementara Rangga memilih untuk melanjutkan studinya ke Jepang. meskipun baik Kie dan Rangga telah memiliki kehidupan masing-masing, tapi keduanya tetap tidak bisa melupakan perasaan mereka, karena mereka masih memiliki satu rahasia yang hanya diketahui oleh mereka berdua. dan mereka sepakat untuk tidak mengungkapkannya pada siapapun termasuk kedua orang tuanya. rahasia besar mereka adalah Kelvin, anak Kie.



paling nggak itu adalah sinopsis dari novel Hujan Punya Cerita Tentang Kita yang baru aja selesai saya baca. novelnya bagus. awalnya saya beli novel ini karena judulnya. ya, saya suka sekali hujan. tidak ada alasan khusus kenapa saya menyukai hujan, tapi saya sangat menyukai perasaan ketika hujan. tenang, damai, dan suara titik-titiknya yang jatuh itu ngga bisa digambarin pakai kata-kata. tertarik, kemudian beli novelnya sambil harap-harap cemas semoga isinya bagus, soalnya saya beli novel ini dari online bookshop. pas baca ceritanya alhamdulillah ngga kecewa, malah takjub. suka banget sama cara penulisnya yang menggambarkan hubungan percintaan antara Rangga dengan Kie, ngga vulgar, malah romantis. tapi sayangnya masih ada beberapa kesalahan penulisan kayak nama Azar tiba-tiba ditulis jadi Rangga, tiba-tiba ada kata yang nyambung ngga ada spasinya, dan kesalahan-kesalahan kecil penulisan yang lain. emang kecil banget sih kesalahannya, tapi tetep ganggu, semoga next time lebih baik lagi (:

ah iya, mungkin temen-temen bingung kenapa judulnya ada unsur hujannya tapi disinopsis yang saya buat ngga ada unsur hujannya? sebenernya di dalem novelnya itu banyak banget hujan. banyak kisah-kisah mereka terjadi di bawah hujan, Rangga yang suka ngirimin laporan cuaca ke Kie, dan lain-lain.

buat kalian yang suka banget sama hujan mungkin novel ini bisa banget ngingetin dengan suatu kenangan yang terjadi di bawah hujan? walaupun kejadiannya tidak sama dengan yang dialami oleh Rangga dan Kie, tapi secara ngga langsung pikiran kita akan kembali kepada kenangan di bawah hujan tersebut, seperti saya (:

baiklah, sepertinya cukup sampai sini aja sinopsis dari Hujan Punya Cerita Tentang Kita dari Yoana Dianika. jangan lupa dibeli novel-nya, ceritanya bagus, dan ngga akan nyesel udah beli (:

"Aku ingin kau tahu, diam-diam, aku selalu menitipkan harapan yang sama ke dalam beribu-ribu rintik hujan: aku ingin hari depanku selalu bersamamu.." Hujan Punya Cerita Tentang Kita - Yoana Dianika

"Aku mencintai Kie dengan caraku sendiri, walaupun itu membuatku sakit sekalipun.." Ranggadipta

"Kamu beruntung Kie.." Krisanti

"Kalau bisa berlari, kenapa harus berjalan? Saat kamu berjalan, kamu ketinggalan sepersekian detik dari hal yang bisa dikerjakan dengan berlari.." Kinanthi

best regards
gals

You Might Also Like

0 comment