Monsters University (review)

Sunday, July 07, 2013

sesuai dengan judulnya hari ini, saya akan posting tentang film yang masih terhitung baru yaitu Monsters University.


Judul: Monsters University
Sutradara: Dan Scanlon
Pengisi Suara: Billy Crystal, John Goodman, Julia Sweeney, dll.
Tanggal rilis: 21 Juni 2013

Mike Wazowski adalah seorang monster sekaligus mahasiswa di Monsters University. Monsters University (MU) merupakan kampus untuk para monsters. salah satu mata kuliah yang ada di MU adalah Program Menakuti. ini adalah mata kuliah dasar bagi seluruh monster. Mike sangat bersemangat dengan mata kuliah ini. ia belajar menakuti dari buku dan teknik-teknik menakuti lainnya. singkat cerita sampailah pada waktu ujian menakuti. dekan dari MU datang untuk melihat ujian Program Menakuti ini berlangsung. sayangnya di sini, Mike dan James P. Sullivan--monster yang dibencinya--bertengkar hingga menyebabkan tabung jeritan milik dekan mereka rusak. mereka dihukum tidak boleh mengikuti kelas Program Menakuti lagi.

mereka berdua akhirnya masuk ke kelas Sejarah Pembuat Tabung Jeritan. tabung jeritan merupakan tabung yang berisi jeritan dari anak-anak yang takut dengan para monster, selama ini para monster memang hidup dari jeritan anak-anak ini. karena James juga dikeluarkan dari kelas Program Menakuti, kelompoknya pun meninggalkannya. sebelumnya James tergabung dalam sebuah kelompok paling bergengsi di MU yaitu ROR (Roar Omega Roar) kumpulan monster yang memiliki teriakan menakutkan dan membahana. 

Mike kemudian teringat dengan Kontes Menakuti yang mana pemenangnya dapat diakui oleh seluruh penghuni MU sebagai monster terseram. Mike sangat terobsesi menjadi monster yang paling seram. ia kemudian mendaftar Kontes Menakuti ini dan bergabung dengan Oozma Kappa, kumpulan monster yang tidak ada seram-seramnya sama sekali dan justru terkesan sangat imut. karena Mike sudah terlanjur membuat kesepakatan dengan dekannya, ia termasuk Oozma Kappa diizinkan mengikuti Pogram Menakuti lagi bila menang, ia tidak bisa mundur. namun masalahnya adalah satu tim harus terdiri dari 6 monster, Oozma Kappa terdiri dari 4 monster ditambah Mike jadi 5. akhirnya James bergabung dengan tim mereka karena ia juga tidak suka diremehkan terus menerus oleh kelompok ROR.

untuk bisa memenangkan kontes ini ada beberapa tantangan yang harus dilalui. pertama adalah tantangan beracun, yaitu mereka harus melewati sebuah lorong yang sudah dipenuhi oleh bulu babi beracun di atas tanahnya yang kalo kena bakal bikin tubuh kita bengkak. pada tantangan ini Oozma Kappa kalah karena ternyata pemenangnya ditentukan bukan dari salah satu anggotanya sampai di garis finish duluan melainkan seluruh anggota. yang sampai digaris finish duluan dari Oozma Kappa adalah Mike dan James. tapi mereka beruntung karena salah satu tim berbuat curang dengan menggunakan cairan/krim (?) yang bisa bikin mereka kebal sama bulu babi itu sehingga mereka didiskualifikasi.

tantangan kedua adalah mengambil bendera yang diletakkan di perpustakaan. kelihatannya gampang tapi mereka harus menghindari pustakawannya yang memiliki telinga sangat peka. bila terdengar suara deritan sedikit saja maka dia akan melempar orang itu keluar perpustakaan. tantangan ketiga adalah mereka harus berjalan melalui labirin, di dalam labirin sudah disediakan papan dewasa dan anak-anak. jadi mereka harus menakuti anak-anak sampai lampu berwarna hijau di atas kepala anak tersebut menyala dan mereka juga harus bersembunyi dari papan dewasa. tantangan terakhir adalah simulasi menakuti. pada akihrnya Oozma Kappa menang dengan Mike yang mendapatkan nilai sempurna untuk tantang simulasi menakuti ini. ia sempat tidak percaya karena seluruh monster menganggapnya tidak seram sama sekali, justru kebalikannya ia adalah monster hijau kecil yg sangat lucu. akhirnya Mike pun mengetahui apa yang membuatnya mendapatkan nilai sempurna ditantangan tersebut. dan itu membuatnya sangat sangat sangat kecewa pada James.

ayoo, tebak apa yang dilakukan James sampe bikin Mike kecewa begitu? gimana kelanjutan kisah mereka setelah memenangkan konstes menakuti? bisa kah mereka kembali ke kelas Program Menakuti? mumpung masih ada di bioskop, mending langsung nonton aja deh :D

overall saya sangat terhibur dengan jalan cerita dan tingkah konyol dari para Oozma, mereka beneran monster-monster imut deh. walaupun ini katanya adalah sekuel dari Monster Inc. saya yang nggak nonton film pertamanya tetep bisa mengerti dengan jalan ceritanya. 

sempet seneng juga waktu ada scene perpustakaannya. eh tapi pas ngegambarin pustakawannya rasanya saya jadi pengen acak-acak yang bikin film deh. digambarinnya tuh tua dan serem gitu. hiingg image perpustakaan masih begitu ternyata dimata masyarakat ):

rating pribadi untuk film ini buat saya 3.5/5

"Aku bersikap menakutkan tapi seringkali aku ketakutan.." James P. Sullivan

berhubung saya itu kalo nonton ngga pernah sendiri, sebenernya rada males juga sih kalo dibioskop beli tiket ditanya, "buat berapa orang?" trus gw jawab, "satu" kan rada gimanaaa gitu yaaa, jadi pas kebetulan ini diajakin yaudah hayuk aja nonton. partner nonton Monsters University ini adalah Nadia. tadinya mau ngajakin Gita lagi, tapi............... :D

best regards,
gals

You Might Also Like

0 comment