Soul of Seoul (Part III)

Friday, July 13, 2012

waaahhh sudah lama yaa sejak saya nulis Soul of Seoul (Part II). maklum lagi sibuk, sibuk bengong. hahahha. karena udah kelamaan banget jadi langsung aja saya sambung yaa..

Selasa, 26 Juni 2012

seperti biasa saya dan donna biasa mulai keluar dari guesthouse itu adalah pagi menjelang siang sekitar jam setengah 10-jam 10an. kenapa siang bener? capek meenn kemarennya abis jalan, lagian leha-leha di tempat tidur sambil nonton tv enak banget. hahaha. okay pagi menjelang siang itu kita memutuskan untuk pergi ke National Museum Of Korea. seperti biasa kita naik subway dari Myeongdong Station dan kali ini tujuannya adalah Ichon Station, stasiun terdekat dari National Museum of Korea. sampai di Ichon Station keluar lewat exit 5, jalan kaki sekitar 300 meter dan sampai deh di National Museum of Korea.

begitu sampai kita masuk lewat pintu gerbang samping--yang jelas bukan gerbang utama deh. tiba-tiba ada cewe Korea masih muda gitu, mungkin kalo saya taksir umurnya sekitar 25-27 kali ya. dia nyamperin saya dan donna. kaget aja tiba-tiba dia ngomong "do you speak english?" pas kita lagi jalan masuk. pas kita ngangguk sambil jawab "yes" dia kemudian basa-basi nanya kita dari mana, mahasiswa apa udah kerja, ke korea mau ngapain. yaaa standar-standar itu sih. daaannn setelah beberapa kali basa-basi tiba-tibaaa jeng jeeenngg dia ngasih saya semacem booklet kecil gitu sambil ngomong-ngomong soal gambar yang ada di booklet itu. jadi di booklet itu ada satu gambar pemandangan gitu, bukan pemandangan asli yang ada di dunia nyata kalo saya liat. itu cuman gambar yaa yang digambar biasa pake kelir gitu lah, tapi di print dalam bentuk booklet. intinya adalah dia tengah menyebarkan sebuah ajaran agama (sori ga saya kasih tau dia nyebarin agama apa, takut SARA) ke kita berdua. setelah dia akhirnya pamit dengan bilang "enjoy in Korea" saya langsung buru-buru ngebuang itu booklet. dia ngga ngeliat jilbab kita apa yaa? hemm..

abis ngebuang booklet itu saya dan donna ngga langsung masuk ke dalem museum tapi ngeliat-liat pemandangan yang ada di lantai dua di luar museum. nah dari sini kita bisa ngeliat Namsan Tower, sebenernya sih dari bawah juga Namsan Tower udah keliatan, tapi penasaran aja sih ada apaan di atas tangga itu. daann kalo kita ngeliat ke bawah dari sana itu ada taman gitu. biar ngga penasaran saya kasih gambarnya aja deh nih yaa.

pekarangan National Museum of Korea. tuh keliatan kan  ada Namsan Tower di atas gunung itu.

Namsan Tower dari lantai 2 pekarangan National Museum of Korea

yang ngga sengaja di temuin dari lantai 2

National Museum of Korea merupakan museum terbesar yang ada di Korea Selatan. museum ini banyak menyimpan peninggalan-peninggalan Korea mulai dari zaman pra-sejarah sampai zaman kerajaannya. selain itu di museum ini juga dipamerkan karya seni-karya seni dari seniman terkenal Korea seperti kaligrafi dan tembikar. di lantai 3 museum dipamerkan karya seni yang berasal dari luar Korea seperti dari Cina, Jepang, India, Asia Tengah, dan Indonesia.

salah satu peninggalan yang dipamerkan di National Museum of Korea (lupa nama pagodanya apa)

saya dan donna agak lama berada di museum ini karena memang luasnya museum bikin kita menghabiskan waktu lebih banyak. baru muterin lantai pertama tau-tau udah jam makan siang aja. yaudah akhirnya kita makan di museum itu. di museum ini memang disediakan food court. daaann kebodohan pun terjadi. jadiii saya dan donna ngeliat-liat menu makanan yang ada di sana. rata-rata disetiap menu dikasih gambar, keterangan harga, dan keterangan bahan-bahan pembuatannya, jadi kita bisa tau kalo misalkan makanan tersebut mengandung daging babi atau nggak. secara kita ngga makan daging babi jadi harus lebih selektif milih makanan di sini. pilihan pun jatuh pada jajangmyeon atau mie hitam. setelah mesen dan bayar di kasir kita pun nunggu. setelah pesanan selesai trus tiba-tiba saya ragu jajangmyeon itu mengandung daging babi atau ngga, donna bilang sih di keterangan bahan pembuatannya ga ada tulisan "돼지고기" atau "pork". tapi saya ngga tau kenapa ngga yakin. akhirnya saya memberanikan diri nanya ke kasir, jajangmyeon itu mengandung daging babi atau ngga, daann tau kasirnya bilang apa? iya, jajangmyeon ada babinya, jeng jeeenngg. itu jajangmyeon yang ada di depan mata langsung berubah ngga menarik dengan seketika. udah bayar pulak. akhirnya saya balik lagi nanya ke kasir makanan apa aja yang ngga mengandung daging babi. kasir itu ngasih tau beberapa option makanan yang bisa kita pilih dan ngga pake daging babi, yaudah akhirnya kita mesen lagi deh makanan yang lain, seafoodmyeon (gatau nama makanannya apa pokoknya mie yang hampir mirip kayak jajangmyeon cuman bumbunya beda dan tambahannya pake seafood gitu). huwaahh pelajaran banget buat yang mau ke Korea, jangan ragu buat nanya ama kasir atau penjaga restorannya makanan-makanan apa yang tidak mengandung daging babi, mereka akan ngasih tau kita kok pilihan makanan yang "aman". daripada ragu-ragu dan terus-terusan mikir ini ada daging babinya apa ngga yaa..

abis dari National Museum of Korea kita mutusin buat ke Jongmyeo Shrine yang ada di daerah Jongno. naik subway dan turun di Jongno 3-ga Station. naahh di Jongno 3-ga ini kita bisa keluar dari exit 8 atau exit 11. kemaren saya lupa keluar lewat exit berapa. sebenernya sih perasaan udah agak sedikit ngga enak pas di exit yang kita pilih. kenapaa? soalnya banyak banget orang tua korea gitu, kakek-kakek ama nenek-nenek. tapi dengan pedenya kita tetep ngelanjutin perjalanan. naahh pas di jalan keluar exitnya juga penuh kakek-kakek ama nenek-nenek. kayaknya sih lagi ada acara khusus manula gitu. nyusurin jalan sekitar 300 meter, kita sampe di tembok pembatas istana. jalan lagi nyusurin tembok itu untuk nyari gerbang masuknya. naahh pas lagi nyusurin tembok ini lah ketemu sama satu haraboeji-haraboeji (kakek-kakek). dia tiba-tiba nyamperin kita terus ngajak ngobrol. tau sendiri kan kalo kakek-kakek Korea itu ngga bisa bahasa Inggris, yaudah itu kakek-kakek nyerocos pake bahasa Korea. untung masih sedikit ngerti beberapa kata. intinya sih basa-basi. rata-rata pasti orang korea yang basa-basi nanyain ke korea mau ngapain, kuliah apa kerja, dan yang sejenis itu. eehh tapi si haraboeji ini juga nanyain kita kok cuman berdua aja, pacarnya kemana? jeng jeeeennggg haraboejiiiii saya juga mauu ngajak namjachingu saya ke korea kalo punyaaa, ngiri tau ngga liat anak muda korea pacarannya romantis bener kkkkkkkk~ tapi akhirnya saya cuman jawab "아니에요, 없어요" (ngga punyaa ㅠㅠ)

akhirnyaa ngga lama kita pun sampe di depan gerbang Jongmyeo Shrine yang tertutup rapat. pas ngeliat papan yang ada di depan gerbang, ternyataaaa istananya tutuuupp. salah hari deh berarti kita datengnya. emang hari Selasa itu jadwalnya Jongmyeo Shrine tutup. syediihh udah jauh-jauh dateng tapi tutup.

yaudahlah dari sana kita akhirnya memutuskan buat ke Jogyesa Temple. naik subway lagi turun di Jonggak Station Exit 2, dari sana tinggal jalan kaki kurang lebih 100 meter sampe deh di depan kuil ini. kalo mau nyari yang spesial dari kuil ini sih bisa dibilang ngga ada, namanya aja rumah ibadah gitu. akhirnya saya dan donna cuma foto-foto kuilnya aja, karena emang ngga ada apa-apanya. sama aja kayak rumah ibadah lainnya.

Jogyesa Temple

gerbang Jogyesa Temple

buat yang mau ngerasain kehidupan ala biksu korea bisa banget ikut salah satu programnya Jogyesa Temple, yaitu Templestay. di sini kita akan diajak merasakan kehidupan para biksu korea. banyak orang korea sendiri yang ikut program ini, katanya untuk menangkan diri dari hiruk pikuk kota Seoul. yang mau dan minat ikut Templestay bisa langsung dateng ke kuil ini nanti ada kantornya di sana.

selesai di Jogyesa Temple bingung mau kemana lagi. saya sih penasaran nyari Ssamziegil yang letaknya ada di Insadong, deket dari Jogyesa Temple. dari Jogyesa Temple tinggal jalan kaki aja dan ketemu sama Insadong Market, salah satu pasar di Seoul yang khusus menjual cinderamata atau souvenir khas Korea, pas banget buat yang mau nyari oleh-oleh yang Korea banget. jalan terus nyusurin pasar ini dan akhirnya nemu deh Ssamziegil, letaknya berada di tengah-tengah Insadong Market. Ssamziegil ini emang bukan tempat wisata sih sebenernya, dia itu cuman salah satu tempat aja yang isinya toko-toko yang ngejual aksesoris dan souvenir korea juga. sekilas emang ngga ada yang spesial dari tempat ini. tapi buat KPopers mungkin tau kalo tempat ini pernah jadi lokasi syuting MV Seoul Song yang dinyanyiin Super Junior dan SNSD untuk salah satu scene bagian Donghae, Ryeowook, ama Sooyoung.

Ssamziegil

bagian dalam Ssamziegil

pas lagi jalan mau balik ke Jonggak Station ngga sengaja nemuin kafe yang pernah masuk di salah satu reality show Korea, We Got Married yang edisi YongSeo Couple (Yong Hwa CN Blue dan Seo Hyun SNSD). buat yang ngga tau langsung aja nonton We Got Married YongSeo couple episode 5. saya kurang tau nama kafenya apa, tapi ini gambar tempatnya dari luar karena saya ngga masuk ke dalem (:

kafenya yang ada di lantai 2

board yang ngasih tau kalo kafe ini pernah didatengin WGM YongSeo Couple (:

dari Ssamziegil akhirnya kita memutuskan untuk ke Jembatan Air Mancur Pelangi di Banpo Bridge setelah kemaren gagal ke sana. jalan kaki dari Ssamziegil lewat Jogyesa Temple lagi dan balik ke Jonggak Station untuk selanjutnya ke Dongjak Station exit 3. belajar dari pengalaman kemaren yang nyasar akhirnya kita nyusurin jalan yang berlawanan dengan yang kita lewatin kemarinnya. dan setelah jalan kurang lebih 700 meter sampe deehh di Hangang Park, sebuah taman yang ada disekitar Sungai Han, sungai besar yang membelah kota Seoul. kita sampe di Hangang Park yang deket sama Banpo Bridge, jembatan yang akan mengeluarkan air mancur pelangi pada jam-jam tertentu. saya dan donna kayaknya datengnya masih terlalu siang deh, sekitar jam 5-setengah 6 udah sampe aja. nunggu di sana udah pasti lama banget karena air mancur pertama itu jam 8. duduk-duduk liat-liat pemandangan sekitar banyak juga yang bikin iri. hahahaha banyak yang pacaran sih. selain itu ada juga yang pada piknik (yes, piknik yang beneran piknik), biar saya ceritain piknik yang dimaksud ini gimana. jadii mereka ini sepertinya temen satu sekolah atau satu kampus gitu sekitar 5-7 orang kalo kemaren saya liatin. piknik bawa terpal untuk alas duduk di deket Sungai Han. bawa bekel, bawa minum, bawa gelas kertas sendiri. dan ya mereka makan, minum, ngobrol, main, gitu-gitu aja, tapi saya ngeliatnya enak aja gitu. abisan kalo dibandingin ama anak muda Jakarta kayaknya anak-anak muda Jakarta lebih seneng "piknik" ke mall.

jam 7an udah ngga kuat sama angin di sekitar Sungai Han sana dan sedikit laper juga. akhirnya kita mutusin untuk balik lagi, bukan pulang sih tapi nyari convenient store beli makanan. sampe di Family Mart yang paling deket sama Hangang Park kita beli Tteokpokki (kue beras) instan, sama cemilan gitu. nah, pas lagi bayar di kasir ada orang Korea yang juga lagi mau bayar. dia nanya-nanya kita dari mana gitu deh. untungnya dia bisa bahasa Inggris. tapi bukan ini masalahnya, masalahnya adalah si kasirnya ini. saya sempet dibentak sama kasirnya. kalo inget-inget itu serem banget. jadi abis bayar, saya minta tolong cara masak tteokpokkinya gimana. saya minta tolong pake bahasa Inggris. beberapa kali ngulang-ngulang omongan itu pake bahasa Inggris si kasir ini kayaknya ngga ngerti bahasa Inggris dan akhirnya dia malah ngomong "아 몰라!!!" (ah, ngga tau!!!) dengan sedikit bentakan dan volume suara yang besar. maaakk saya ama donna langsung mundur terus ngga sengaja ngeliat microwave. di depan microwave bingung apa yang harus dilakukan antara tteokpokki itu sama microwave, udah tau sih kalo harus dipanasin tapi gimana caranyaaa. pas kita lagi bingung-bingung gitu orang Korea yang tadi ngantri di kasir setelah kita ngedatengin kita dan nunjukkin gimana caranya. pada akhirnya sih dia yang manasin. orang dia yang ngebuka tteopokki sama sausnya trus dituang ke wadahnya, dipanasin, selesai. baik banget tuh orang mau bantuin, jadi inget si ibu-ibu di Dongjak Station kemaren (:

udah dapet makanan ama cemilan, kita balik lagi ke Hangan Park Banpo Bridge. masih harus nunggu sih sekitar setengah jam lagi sih buat ngeliat penampilan air mancur pelangi. yang jelas mah idung udah meler aja sangking kencengnya angin di sana sama kedinginan. hahaha, padahal cewe-cewe Koreanya pada santai-santai aja tuh pake hotpants ama tanktop, ngga ada yang kedinginan. dan jam 8 pun air mancur pelanginya keluar (: tapi menurut saya masih kurang gelap, jadi warna-warnanya ngga begitu jelas. kayaknya bagusnya sih kalo kita nonton yang jam 9 kurang itu deh secara langit udah bener-bener gelap. kalo yang jam 8 pas sunset, jadi masih ada cahaya matahari.

air mancur pelangi di Banpo Bridge. kurang gelap langitnya jadi warna pelanginya ga terlalu keliatan

sunset di Hangang Park

Hangang Park selain dijadiin tempat untuk piknik juga banyak didatangi sama orang-orang yang senang olahraga terutama bersepeda. selain itu banyak juga fotografer yang datang karena berburu sunset dan air mancur pelangi di Banpo Bridge.

puas di Hangang Park dan Banpo Bridge saya dan donna pulang deh. tapi kali ini ngga langsung bener-bener pulang melainkan main dulu ke Myeongdong Market. okeee awalnya emang si donna sih yang ngebet banget mau nyari K-Story, toko merchandise KPop milik kakaknya biasnya donna di Super Junior, Heechul. kita berdua tau kalo K-Story itu letaknya di Myeongdong Market, tapi masalahnya adalah Myeongdong Market sebelah mana, secara itu pasar gede dan rame banget, apalagi kalo malem. inget sama ELF Korea (belakangan baru tau namanya dia itu Kim Ye Seul) yang ngasih tau saya dan donna kalo Jongjin ngga suka difoto di Handel and Gretel? nah kita nanya ke dia alamat K-Story waktu kita mampir ke Handel and Gretel kemaren. kita pun dikasih alamat lengkapnya dalam hangeul (huruf korea). untungnya kalo cuman hangeul doang sih saya ama donna bisa bacanya (somboonngg hahaha), tapi untuk memastikan, kita nanya ke Mr. Park, buat yang lupa siapa itu Mr. Park dia adalah pemilik Myeongdong Guesthouse tempat saya dan donna nginep, alamat tersebut di mana. dia ternyata juga ngga tau letak alamat pastinya, tapi dia ngasih kita peta Myeongdong Market yang lebih spesifik. akhirnya setelah nyari lewat peta itu kita nemuin juga jalannya di peta tersebut. sayangnya di peta itu nama K-Story ngga ada, saya cuman inget Ye Seul sempet bilang kalo K-Story dekat sama toko SPAO, di peta kita hanya ada SPAO. yaudah modal nekat kita nyusurin jalan Myeongdong Market. dari Myeongdong Station exit 6 kita jalan lurus trus ambil kiri. dari jauh akhirnya saya ngeliat plang SPAO gede banget, berarti K-Story ada di seberangnya. daannn ngga lama si donna ngeliat plang K-Story. sumpah matanya donna kalo soal Heechul teliti banget. itu plang K-Story dan tokonya kecil banget dan agak nyempil gitu tempatnya, tapi si donna ngeliat aja gitu. udah sampe di depan tokonya dorong-dorongan siapa yang masuk duluan. donna juga sempet bingung mau beli apaan nanti di dalem. akhirnya nekat kita masuk ke lantai dua, karena tokonya emang ada di lantai 2 dari sebuah gedung gitu, tangga masuknya juga kecil.

sampe di depan pintunya pun masih dorong-dorongan. hahahha akhirnya yaudahlah yaaa masuk, liat-liat, dan donna tertarik buat beli T-Shirt yang ada gambar kartun Heechul apa tanda tangannya Heechul yah, saya ngga begitu ngerti kalo soal Heechul. nanya sama penjaga tokonya harganya mahal banget itu kaos, 35.000 won. ngeeekkk. tapiiii setelah tawar menawar dan ngasih tau kalo kita temennya Ye Seul akhirnya donna dapet potongan harga yaaa hampir 50% deh. sebenernya bukan tawar menawar sih, tepatnya si penjaga toko yang keceplosan. hahaha. begini ceritanyaaa...

si penjaga toko ini namanya Bruce Youn, Ye Seul bilang katanya kalo ke K-Story ketemu yang namanya Bruce bilang aja saya dan donna itu temennya dia (temennya Ye Seul) nanti pasti dikasih diskon. naaahh waktu kita sampe di K-Story itu hanya ada dua penjaga tokonya, 1 perempuan dan 1 laki-laki. yang perempuan ini kayaknya penjaga kefenya. iya di K-Story ada kafenya. dan yang 1 laki-laki ini jaga kasir. pas donna nanya harga kaos itu, si penjaga toko/kasir ini bilang harganya 35.000 won. trus donna mikir-mikir. nah akhirnya si penjaga toko ini bilang

(Ket. PT: Penjaga Toko (ceritanya belom kenal namanya siapa), D: Donna, S: Saya)

PT: apa harga segitu terlalu mahal?
D: ya
PT: kalo gitu saya kurangi jadi 34.000 gimana?
D: *diem**mikir*
PT: masih kemahalan?
D: *ngangguk* iya
PT: kalo gitu XX.000 gimana? << ini harga yang bikin si penjaga toko nyesel pernah nyebut harga itu :D
D: *mikir*
S: *ngomporin donna buat ngambil aja harga segitu*
D: *masih mikir*
S: are u bruce? << okeee saya emang ga nyambung karena nanyain beginian ditengah tawar menawar
PT: yes. are u bruce too? (yeeee ngelawak aja nih Korean)

di sini tawar menawar sempet terlupakan sampe akhirnya kita nyebut nama Ye Seul. ternyata Ye Seul udah bilang ke Bruce kalo akan ada 2 temennya dari Indonesia yaitu kita-kita ke K-Story, makanya pas kita nyebut nama Ye Seul, Bruce bilang...

(Ket. B: Bruce (kan udah tau namanya jadi bukan PT lagi :p), D: Donna, S: Saya)

B: oh kalian temannya Ye Seul yang dari Indonesia?
S dan D: iya
B: kalo gitu saya kasih harga XX.000. (laaahh malah naek dari harga yang tadi dia kasih kok)
S: laahh tadi kamu bilang harganya XX.000, kok jadi naek?
B: memang saya bilang begitu?
S dan D: *kompakan dengan wajah penuh kemenangan* iyaaa..
B: *mikir sambil ngitung2 di Iphone-nya* seharusnya saya jangan ngomong segitu ya. tapi yasudah lah tidak apa-apa. jangan bilang-bilang Ye Seul.

buahahaha donna dengan senang hati langsung ngebayar itu kaos biar kata harganya rada lumayan (beli di Namdaemun sih bisa dapet 2 kaos kali). sambil bayar juga masih ngobrol-ngobrol. ngobrolin apa aja deh.

D: Heechul dimana? *donna tiba-tiba nanya*
B: kamu orang kesekian yang datang dan bertanya begitu. saya tidak tau kapan Heechul akan datang. tapi kamu add facebook saya aja. saya biasanya memberitahu lewat facebook kalo Heechul datang

dan dia ngasihin kita berdua alamat facebooknya dia. yasyudaahh pas sampe guesthouse langsung di add deh. hahahha. oh dan kita masing-masing dapet bonus mousepad gambar T-Ara sama 2 stiker Heechul for free (:

pas mau pulang Bruce juga sempet nanya, "apa bahasa indonesianya Thank You?" kita jawab "terima kasih". dan pas kita beneran keluar dari toko dia bilang terima kasih pake bahasa Indonesia. kyaaakkkk gimana saya ama donna ngga deg-degan coba. Bruce Youn itu ganteng meeennn. tingginya sekitar 180an, kulit putih khas orang Korea, rambut pendek, badan agak gede tipe-tipe orang yang demen olah raga gitu, muka ehem ganteng,  suaranya juga berat, dan keliatan wibawanya. belakangan saya dan donna baru tau kalo Bruce adalah CEO (direktur) K-Story. just for information, K-Story sekarang udah buka cabang loh di Thailand, namanya T-Story.

abis dari K-Story kita sempet liat-liat sebentar apa-apa aja yang banyak dijual di Myeongdong Market, dan setelah survey kecil-kecil di sana itu kebanyakan toko kosmetik. ada juga toko-toko pakaian tapi yaaa harganya selangit. kalo mau nyari baju atau sepatu Korea yang murah-murah bisa cari di Myeongdong Station Exit 3. disana harganya ngga semahal di Myeongdong Market. oh yaa waktu lagi jalan-jalan itu saya ngga sengaja denger ada yg ngucap salam.

(Ket. OA: Orang Asing, S: Saya) disini si donna ngga denger kalo ada yang nyapa kita

OA: assalamu'alaikum
S: *bingung* wa'alaikumsalam
OA: Indonesia? (di Korea orang Indonesia ama orang Malaysia emang ngga bisa dibedain kalo ngga nanya langsung)
S: Iya
OA: Indonesianya mana tah? (laaahh ini orang medok Jawa ternyata)
S:Jakarta
OA: di sini belanja?
S: iya
OA: ya sudah kalau begitu. assalamu'alaikum
S: wa'alaikumsalam

selesai. ngga ada yang spesial dari percakapan itu. cuman basa-basi aja. tapi rasanya langka ketemu orang Indonesia di negara orang (:

selesai dari Myeongdong kita pulang deh ke guesthouse karena jam udah nunjukin setengah 11 (:

hari selanjutnya disambung di part IV yaa nanti. udah kepanjangan soalnya yang ini

ps: foto-foto K-Story juga di part selanjutnya aja yaa, karena kita juga foto-fotonya pas hari kedua kita dateng ke sana (: